28 Mahasiswa UNPAR Akan Jajaki Pengalaman Kuliah di Luar Negeri

Sponsored - detikEdu
Senin, 16 Mei 2022 12:15 WIB
UNPAR
Foto: dok. UNPAR
Jakarta -

Sebanyak 28 mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) berhasil menjadi bagian dari putra-putri terbaik Indonesia untuk kuliah di perguruan tinggi kelas dunia luar negeri melalui program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Para penerima beasiswa IISMA akan menjalankan studi di 22 top universitas luar negeri yang tersebar di 12 negara.

Dalam program ini, mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di universitas terkemuka di luar negeri yang menjadi mitra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI selama 1 semester dan dapat disetarakan hingga 20 SKS (Satuan Kredit Semester).

Sebelumnya, pada program IISMA 2021 lalu, sebanyak 19 mahasiswa UNPAR mengalami studi 1 semester dan mereka tersebar di 9 negara. Sementara pada program IISMA 2022 ini, ada peningkatan signifikan jumlah mahasiswa, baik yang mendaftar hingga lolos seleksi. Dari 125 mahasiswa UNPAR yang mendaftar, 57 berhasil hingga ke tahap wawancara dan 28 di antaranya lolos seleksi dan berhasil menerima beasiswa IISMA 2022.

IISMA merupakan salah satu upaya strategis dan wujud dari komitmen UNPAR terhadap pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan internasionalisasi yang dicanangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

28 mahasiswa UNPAR penerima beasiswa IISMA 2022 tersebut tersebar dari berbagai program studi di UNPAR. Adapun rinciannya, Ilmu Hubungan Internasional sebanyak 19 mahasiswa, Akuntansi 2 mahasiswa, Arsitektur 3 mahasiswa, serta Teknik Elektro Mekatronika, Matematika, Manajemen, dan Hukum masing-masing 1 mahasiswa.

Kepala Kantor Internasional dan Kerjasama (KIK) UNPAR Sylvia Yazid mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 ini terdapat kenaikan jumlah penerima beasiswa IISMA sekitar 50% dari tahun sebelumnya. Kali ini, sebaran mencakup 7 Program Studi dan pilihan host university yang beragam.

"Hal ini menunjukkan keinginan kuat mahasiswa UNPAR untuk menimba pengalaman dari berbagai penjuru dunia sebagai bekal untuk menjadi bagian dari generasi emas Indonesia," ujar Sylvia dalam keterangan tertulis, pada Senin (16/5/2022).

Ia menuturkan selanjutnya KIK akan melakukan proses persiapan keberangkatan dan pendampingan selama masa studi di luar negeri, hingga kepulangan, dan pelaporan nanti.

"Dalam keseluruhan prosesnya, KIK akan berkoordinasi dengan tim IISMA yang telah mempersiapkan berbagai kegiatan persiapan dan mekanisme pendampingan bagi para awardee," tuturnya.

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang pun menyampaikan apresiasinya atas capaian 28 mahasiswa UNPAR peraih beasiswa IISMA 2022. UNPAR, lanjut Rektor, senantiasa berkomitmen melahirkan SDM Unggul.

"Having international experiences in both academic and socio-cultural aspects menjadi strategi pemerintah untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Presiden Joko Widodo di hadapan komunitas akademik UNPAR pada saat Dies Natalis ke-67 Januari 2022 lalu menegaskan hal itu, agar UNPAR senantiasa melahirkan SDM unggul. Sejalan dengan Visi UNPAR menjadi komunitas akademik humanum yang mengembangkan potensi lokal hingga ke tataran global demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan," tuturnya.

Mangadar menyatakan UNPAR memberikan dukungan penuh bagi inisiatif sivitas akademikanya untuk memperluas wawasan dan menambah pengalaman melalui interaksi dengan masyarakat dunia.

"IISMA merupakan program strategis Kemendikbudristek. Program yang sangat prestisius sekaligus selektif dan kompetitif. Suatu kebanggaan bagi UNPAR dapat kembali mendukung keikutsertaan mahasiswa/mahasiswi kebanggaan kami untuk berpartisipasi aktif dalam program IISMA ini. Congratulations to UNPAR students," tutupnya.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Unpar)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia