Tamtama TNI AU Buka Pendaftaran, Lulusan SMP Bisa Ikut

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 09 Mei 2022 12:32 WIB
Hari ini TNI AU memperingati HUT ke-76, Sabtu (9/4/2022). Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi lokasi perayaan.
TNI AU.Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Jakarta -

TNI AU atau Angkatan Udara membuka pendaftaran Tamtama yang ditujukan untuk lulusan SMP hingga SMA. Pendaftaran Tamtama TNI AU ini dibuka dari tanggal 1 Mei-30 Juni 2022.

Ada sejumlah aturan dan persyaratan yang ditetapkan baik secara umum untuk menjadi prajurit TNI maupun persyaratan khusus menjadi prajurit Tamtama PK TNI AU. Berikut penjelasannya

Syarat Pendaftaran Tamtama TNI AU 2022

A. Syarat Pendaftaran Umum

1. WNI pria dan wanita, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun.

3. Berkelakuan baik dan berbadan sehat.

4. Pendidikan minimal lulusan SMA/MA IPA dan SMP untuk tamtama.

5. Belum pernah menikah.

6. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita.

7. Disetujui oleh orang tua atau wali.

8. Lulus seleksi administrasi skrining kesehatan, kesehatan jasmani psikologi, dan potensi akademik.

9. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

10. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

B. Syarat Khusus

1. Pendidikan terakhir serendah-rendahnya SLTP/sederajat, dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SLTA (bagi lulusan SLTA), SKHUN dan raport pendidikan terakhir asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi (sesuai Peraturan Kemendikbud Nomor 29 tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup).

2. Tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku.

3. Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun (bermaterai).

C. Syarat Tambahan

1. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum pendidikan pertama berakhir.

3. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum ikatan dinas pertama berakhir (biaya pendidikan, gaji, tunkin).

4. Bagi orang tua atau wali harus menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermaterai).

5. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan harus mendapatkan persetujuan/ijin resmi dari kepala jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia mengundurkan diri dari status pegawai/karyawan bila lulus dan diterima masuk pendidikan pertama.

6. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah lulus pendidikan pertama, yang diketahui oleh orang tua/wali, Lurah/Kepala Desa dan Kantor Urusan Agama (KUA)/catatan sipil setempat (bermaterai).

7. Mendapat persetujuan dari orang tua bagi calon yang belum berumur 21 tahun atau persetujuan wali bagi calon yang kedua orang tuanya sudah meninggal atau berhalangan tetap yang disahkan oleh kelurahan tempat domisili.

8. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian masuk.

Informasi lebih detail terkait syarat dan jadwal pendaftaran Tamtama TNI AU 2022 bisa klik di situs https://diajurit.tni-au.mil.id. Buat kamu yang berminat dan ikut dalam proses seleksi, semoga sukses ya.



Simak Video "Kronologi TNI AL Temukan 179 Kg Kokain Mengapung di Tengah Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia