Double Degree Vs Double Major, Bedanya Apa?

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 06 Mei 2022 16:00 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
ilustrasi kuliah.Foto: iStock
Jakarta -

Saat memasuki bangku perkuliahan, mahasiswa mungkin mulai tidak asing dengan adanya istilah double degree dan double major. Keduanya terdengar mirip, namun ternyata ada perbedaan di antara keduanya dalam aspek tertentu, lho.

Persamaan double degree dan double major adalah memungkinkan mahasiswa untuk mengambil jurusan kuliah secara bersamaan. Nah,kira-kira apa perbedaan keduanya?

Ini perbedaan double major dan double degree yang dikutip dari laman Universitas Negeri Malang:

Perbedaan Double Major dan Double Degree

1. Double Major

Double major adalah program di mana mahasiswa dapat mengambil studi dengan dua jurusan yang berbeda di dalam institusi dan jenjang pendidikan yang sama. Jurusan yang diambil biasanya ada dalam satu area maupun departemen yang sama.

Misalnya, mahasiswa saat ini mengambil konsentrasi Sastra Inggris dan Linguistik. Ketika lulus, ia akan mendapatkan satu gelar dengan dua konsentrasi.

Namun saat ini, double major masih jarang ditemui di Indonesia. Double major merupakaan kuliah dengan dua jurusan berbeda dalam satu waktu yang dilakukan di institusi atau jenjang pendidikan yang sama atau berbeda.

Double major dapat diambil bagi detikers yang berkeinginan untuk menguasai dua bidang yang berbeda namun masih berkaitan satu sama lain.

2. Double Degree

Double degree adalah program di mana mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sekaligus dalam satu periode akademik perkuliahan. Tiap universitas biasanya telah bekerja sama dengan kampus internasional.

Pembagian program double degree yaitu mahasiswa akan menjalani pendidikan 2 tahun pertama di universitas yang ada di Indonesia. Lalu melanjutkan 2 tahun selanjutnya di kampus luar negeri dengan jenjang yang berbeda.

Program double degree memang menghabiskan biaya dan waktu yang lebih besar. Program ini cocok bagi detikers yang ingin memiliki target prestasi akademik dan juga ingin merasakan pembelajaran di luar negeri.

Universitas negeri yang memiliki program double degree yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Nah, itulah perbedaan dari double major dan double degree. Berminat mengambil program tersebut detikers?



Simak Video "Aliansi Mahasiswa Demo Protes RKUHP Tiba di DPR, Lalin Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia