Jangan Kalap! Mahasiswa, Ini Tips Makan Sehat Lebaran ala Pakar UGM

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 02 Mei 2022 21:00 WIB
Ketupat Sayur typical Lebaran, served with Opor Ayam, Semur Telur Puyuh, and Sambal Goreng Ati Kentang. Special dishes during Eid al-Fitr and Eid al-Adha, especially in Indonesia.
Foto: iStockphoto/Ika Rahma/Jangan Kalap! Mahasiswa, Ini Tips Makan Sehat Lebaran ala Pakar UGM
Jakarta -

Idul Fitri atau lebaran di Indonesia sangat identik dengan sajian makanan spesial seperti opor ayam, sambal goreng ati, rendang, semur daging, aneka kue kering dan lainnya. Tak jarang, jika lebaran banyak orang akan kalap menyantap makanan. Terlebih kalangan mahasiswa yang terbiasa dengan jajanan atau makanan ringan.

Ternyata godaan terhadap makanan berlemak, berminyak, dan tinggi gula saat lebaran perlu diperhatikan. Pasalnya jika tidak, justru bisa berpotensi membuat badan tidak nyaman.

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. Toto Sudargo, M.Kes., menyampaikan pengendalian diri saat lebaran perlu dilakukan termasuk dalam mengatur konsumsi makanan. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat.


Toto mengatakan saat puasa Ramadan banyak orang diajarkan untuk menjalani gaya hidup sehat. Sebab, saat puasa tidak hanya mengendalikan emosi saja namun juga ada upaya pengendalian dalam mengatur kebiasaan makan.

"Saat puasa kita tidak makan selama kurang lebih 12-13 jam. Ini memberikan kesempatan atau memanjakan organ pencernaan untuk beristirahat," jelasnya dikutip dari laman UGM, Senin (2/5/2022).


Waspada Makanan Berlemak hingga Tinggi Gula

Lebih lanjut, Toto mengatakan bahwa saat lebaran biasanya akan dimanjakan dengan aneka hidangan yang berlemak, bersantan, serta tinggi gula.

Alih-alih mendapat kenikmatan setelah berpuasa selama 1 bulan, jika tidak dikendalikan justru akan memicu munculnya sejumlah penyakit di kemudian hari.

Untuk penting sekali mengendalikan konsumsi makanan saat lebaran. Toto memberikan sejumlah tips sehatnya berikut ini.


Tips Mengendalikan Konsumsi Makanan Saat Lebaran

1. Batasi porsi makan

Toto menjelaskan tips pertama agar bisa menjalani lebaran dengan lebih sehat adalah dengan membatasi porsi makan. Caranya dengan makan dalam porsi kecil.

"Silahkan untuk makan apa saja saat lebaran mau lemak, karbohidrat, gula dan lainnya. Namun yang penting secukupnya atau sedikit-sedikit saja," terang Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini.


2. Konsumsi makanan tinggi serat

Tips selanjutnya adalah imbangi dengan konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Dengan konsumsi makanan kaya serat akan membantu dalam mengikat lemak dalam makanan.

"Buah tidak buat eneg dan juga mengandung gula komplekS sehingga lebih aman," imbuhnya.


3. Lakukan aktivitas fisik

Meski lebaran sibuk dengan acara silaturahmi namun kesehatan tubuh harus tetap dijaga. Tetap lakukan olahraga atau aktivitas fisik untuk membakar kalori. Lakukan aktivitas fisik secara rutin selama 30 menit setiap hari.


4. Makan 3 kali sehari

Terakhir, Toto menuturkan untuk tak lupa tetap makanan sesuai jam makan yaitu 3 kali sehari. Hal ini juga penting dilakukan untuk mengontrol asupan kalori.

Nah, itulah tips agar lebaran tetap sehat meski menyantap beberapa jenis makanan. Selamat merayakan lebaran ya, detikers!



Simak Video "Rekomendasi Hampers Kue Lebaran yang Cantik di Pastriella"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia