Sistem Gugur di PKN STAN, Drop Out jika Tak Memenuhi Syarat Kelulusan

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 08 Apr 2022 15:00 WIB
Kampus PKN STAN
Mengenal sistem gugur atau drop out di sekolah kedinasan PKN STAN. Foto: Dok. PKN STAN
Jakarta -

Sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai 9 April 2022. Sebelum mendaftar, ada baiknya detikers mengenal sistem gugur atau drop out di PKN STAN.

Tahun lalu, sebanyak 67 mahasiswa PKN STAN tidak lulus dan dikeluarkan karena nilai yang tidak mencukupi. Sebanyak 57 orang memperoleh IPK kurang dari 2,75 dan 10 lainnya mendapatkan nilai D pada mata kuliah MKB. Para mahasiswa tersebut lalu menggugat dengan pertimbangan kuliah dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi.

Aturan mengeluarkan mahasiswa di lingkungan sekolah kedinasan PKN STAN tertuang dalam PER-3/PKN/2016 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi PKN STAN pasal 44. Berikut aturannya:

Sistem Drop Out di PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menerapkan sistem gugur atau drop out bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada setiap semester. Berdasarkan Peraturan Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN Nomor PER-03/PKN/2016 dan PER-2/PKN/2017, berikut ketentuan drop out di PKN STAN:

  • 1.MahasiswaPKN STAN dinyatakan lulus bila:
    • menyelesaikan seluruh beban studi yang tercantum pada kurikulum
    • tidak memperoleh nilai D pada Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), dan Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
    • tidak memperoleh nilai D lebih dari 2 pada Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) dan atau Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
    • tidak memperoleh nilai E pada semua mata kuliah
    • memperoleh IP minimal 2,75.
  • 2. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada semester berjalan tidak berhak untuk mengikuti perkuliahan semester berikutnya dan dikeluarkan dari pendidikan.
  • 3. Setiap mahasiswa yang drop out tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali di PKN STAN.

Sementara itu pada syarat pendaftaran mahasiswa baru PKN STAN 2022 poin 10 juga disebutkan, yang boleh mendaftar yaitu peserta yang tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelum.

Semangat menyiapkan diri untuk mengikuti alur pendaftaran, seleksi, dan menjadi mahasiswa hingga lulus dengan baik dari PKN STAN, detikers!



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia