Pendaftaran Politeknik Milik Kementan Masih Dibuka, Bisa Kuliah Gratis

Kristina - detikEdu
Jumat, 25 Mar 2022 10:30 WIB
Polbangtan
Mahasiswa Polbangtan. Foto: Kementan
Jakarta -

Penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) masih dibuka. Tersedia jalur kerja sama dan umum untuk siswa lulusan SMA/SMK.

Politeknik Pembangunan Pertanian merupakan pendidikan vokasi yang berada di bawah binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan).

Terdapat tujuh politeknik yang bisa dipilih oleh para siswa. Di antaranya Polbangtan Bogor, Polbangtan Medan, Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Polbangtan Gowa, Polbangtan Manokwari, Polbangtan Malang, dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Serpong.

Melansir laman pmb.pusdiktan.id, Polbangtan dan PEPI menyelenggarakan program pendidikan Sarjana Terapan dan Diploma 3 bidang pertanian, peternakan, perkebunan, serta keteknikan pertanian dengan proporsi praktik lebih dari 60 persen untuk menajamkan kompetensinya.

Terdapat delapan jalur dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Namun, yang masih dibuka saat ini ada dua jalur, yakni kerja sama dan umum.

Selama studi, mahasiswa akan dibebaskan dari biaya pendidikan. Yuk cek apa saja persyaratan pendaftarannya!

Syarat Pendaftaran Polbangtan dan PEPI Kementan

Merujuk pada Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Nomor: 57/Kpts/SM.220/I/01/2022 tentang Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian Pertanian, berikut syarat pendaftarannya:

A. Syarat Umum

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

3. Memiliki ijazah/ Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/ Surat Keterangan Lulus (SKL)/Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon mahasiswa baru adalah siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan:

  • SMK-PP/SMK Pertanian/SMA IPA/MA IPA untuk semua prodi di Polbangtan dan PEPI.
  • SMA IPS/MA IPS untuk Prodi Penyuluhan dan Prodi Agribisnis di Polbangtan.
  • SMK Teknik untuk semua Prodi di PEPI dan Prodi Mekanisasi di Polbangtan.

4. Mengisi formulir pendaftaran calon mahasiswa baru.

5. Memiliki tinggi badan untuk calon:

  • Mahasiswa baru Polbangtan putri diutamakan minimal 155 cm dan putra diutamakan minimal 160 cm.
  • Mahasiswa baru PEPI putri diutamakan minimal 160 cm dan putra diutamakan minimal 165 cm.

6. Melampirkan Surat Pemeriksaan Kesehatan.

7. Melampirkan Surat Pernyataan Mentaati peraturan Akademik pada Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi lingkup Kementerian pertanian.

8. Melampirkan Surat Pernyataan kesanggupan untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan, kecuali jalur Tugas Belajar.

9. Melampirkan Surat pernyataan tidak menuntut menjadi Aparatur Sipil Negara.

10. Melampirkan Surat Persetujuan pemilihan program Studi dari instansi pengusul bagi jalur Tugas Belajar.

11. Setiap peserta dapat mendaftar pada 2 (dua) prodi di 1 (satu) Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian pertanian.

12. Lokasi ujian kompetensi dasar ditentukan oleh Lembaga pendidikan Tinggi Vokasi tersebut.

B. Syarat Khusus

Jalur Kerja Sama

Nilai rata-rata Ijazah/SKHUN/Surat Keterangan Lulus (SKL)/Surat Keterangan Nilai Ujian Akhir Sekolah paling rendah 7.50 (lulusan paling lama 2 tahun terakhir).

Jalur Umum

1. Peserta dari SMK-PP/SMK Pertanian/SMK Teknik/SMA/MA IPA/IPS yang terakreditasi paling kurang B oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah (BAN-S/M) sesuai ketentuan persyaratan umum.

2. Memiliki nilai rata-rata ijazah/SKHUN paling rendah 7.00.

3. Usia per 31 Agustus tahun berjalan paling tinggi 25 tahun 0 bulan.

4. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari Pemerintah Daerah menjalin kerja sama dengan Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian Pertanian yang disetujui oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian.

5. Program kerja sama antara Pemerintah Daerah/swasta dengan Polbangtan/PEPl diatur melalui Nota Kesepahaman/Perjanjian Kerjasama yang disepakati oleh para pihak, dan tidak mengurangi kuota PMB.

Pendaftaran mahasiswa baru di politeknik Polbangtan dapat dilakukan melalui laman https://pmb.pusdiktan.id sampai tanggal 31 Maret 2022. Selamat mendaftar!



Simak Video "Mentan Syahrul: Produksi Gula Nasional Masih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia