Daftar Perguruan Tinggi BUMN, dari Tel-U sampai Universitas Pertamina

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 23 Mar 2022 07:00 WIB
Logo Telkom University
Daftar perguruan tinggi BUMN. Foto: Telkom University (dok. Telkom University)
Jakarta -

Di Indonesia ada beberapa perguruan tinggi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang kualitasnya juga oke. Contoh, Telkom University dan Universitas Pertamina.

Salah satu keuntungan kuliah di kampus semacam ini yaitu bisa mendapat kesempatan magang beserta sertifikat di BUMN bersangkutan. Mengutip dari laman resmi masing-masing, berikut ini sejumlah universitas BUMN yang bisa detikers pertimbangkan.

Daftar Universitas Milik BUMN

1. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina adalah perguruan tinggi BUMN tanpa ikatan dinas yang ada di bawah Yayasan Pertamina. Dikutip dari situs resminya, calon mahasiswa tidak cuma bisa memilih prodi saintek, tetapi juga sosial dan humaniora.

Beberapa fakultas di Universitas Pertamina yaitu Teknologi Industri, Komunikasi dan Diplomasi, Sains dan Ilmu Komputer, Perencanaan Infrastruktur, Teknologi Eksplorasi dan Produksi, serta Ekonomi dan Bisnis. Di setiap fakultas tersebut ada banyak prodi yang terbilang spesifik, misalnya Geopolitik dan Keamanan Energi atau Manajemen Risiko Energi.

2. Telkom University

Berdasarkan ranking Webometrics 2022, Telkom University atau Tel-U menduduki peringkat pertama untuk sektor universitas swasta terbaik di Indonesia. Kampus yang berada di Jawa Barat ini memiliki tujuh fakultas, yakni Fakultas Teknik Elektro, Rekayasa Industri, Informatika, Ekonomi dan Bisnis, Komunikasi dan Bisnis, Industri Kreatif, dan Ilmu Terapan.

3. Institut Teknologi PLN (ITPLN)

Institut Teknologi PLN dinaungi oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN. Perguruan tinggi tanpa ikatan dinas ini tengah membuka pendaftaran dengan seleksi rapor sampai 1 April 2022 jam 23.59 WIB.

Sejumlah fakultas yang dibuka di ITPLN yaitu Telematika Energi, Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, serta Teknologi dan Bisnis Energi. Disebutkan dalam situs resminya, ITPLN akan membuka banyak prodi baru, misalnya S1 Geografi, Teknik Lingkungan, Rekayasa Sistem Komputer, dan lain sebagainya.

4. Politeknik Pos Indonesia

Politeknik Pos Indonesia didirikan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia pada 2021. Di dalamnya ada enam prodi, yaitu Logistik Bisnis, Manajemen Bisnis, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, E-Commerce Logistics, dan Akuntansi.

Politeknik Pos Indonesia punya banyak jalur pendaftaran, yakni jalur undangan, nilai rapor, mandiri, UTBK, alih jenjang, rekognisi pembelajaran, RPL, dan kelas karyawan. Peserta SBMPTN 2022, 2021, dan 2020 bisa mendaftar via jalur UTBK tanpa tes dengan menyertakan nilai UTBK.

5. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Universitas Internasional Semen Indonesia menyelenggarakan perkuliahan dengan pengantar bahasa Inggris. Selain dinaungi oleh PT Semen Indonesia, mahasiswanya juga berkesempatan magang di Semen Indonesia Group, termasuk di unit kerja luar negeri mereka seperti Semen Thang Long di Vietnam.

Sejumlah prodi yang ditawarkan di sana adalah Desain Komunikasi Visual, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Informatika, Manajemen, Sistem Informasi, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Teknologi Agroindustri. Adapun pendaftaran masuk UISI dibuka melalui beberapa jalur, yaitu tanpa tes atau rapor, kemitraan, alih jenjang, dan transfer. Masing-masing jalur seleksi ini juga digolongkan ke dalam dua kategori, yaitu registrasi untuk perkuliahan kelas pagi atau sore.

Itulah beberapa perguruan tinggi BUMN yang bisa dicoba oleh calon mahasiswa baru.



Simak Video "Erick Thohir Soal Tiket Borobudur: Perlu Ada Sinkronisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia