5 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia, Mulai Kedokteran sampai Seni!

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 18 Mar 2022 19:00 WIB
Ilustrasi lulus kuliah wisuda pendidikan beasiswa
Jurusan kuliah termahal di Indonesia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Liliboas
Jakarta -

Saat akan memilih jurusan, biaya kuliah juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Biaya pendidikan ini biasanya termasuk uang kuliah tunggal (UKT), biaya praktikum, uang gedung, SKS, biaya registrasi ulang, dan lainnya.

Perlu diketahui, antara satu perguruan tinggi dan yang lain bisa memiliki skenario komponen biaya yang berbeda. Untuk itu, siswa wajib mencermati kebijakan universitas tujuan sebelum mendaftar.

Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia

Bagi kalian yang tengah mencari informasi biaya kuliah, tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja jurusan kuliah termahal di Indonesia. Merangkum dari laman Universitas Pasundan (Unpas), berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kedokteran

Salah satu alasan mengapa jurusan kedokteran menelan biaya yang mahal adalah alat praktikum yang jumlahnya banyak dan tentunya harganya mahal. Sebagai contoh untuk praktik bedah anatomi, mahasiswa kedokteran perlu memanfaatkan kadaver (mayat) yang harganya sampai jutaan rupiah.

Di samping itu, ada peralatan lain yang hanya bisa digunakan sekali pakai seperti jarum suntik. Kebutuhan-kebutuhan semacam ini tidak mengherankan jika jurusan Kedokteran dinilai sebagai salah satu jurusan termahal.

2. Seni

Baik itu seni rupa, seni musik, maupun seni yang lainnya, jurusan seni tergolong mahal. Pasalnya, mahasiswanya membutuhkan berbagai perlengkapan seni yang bisa dikatakan tidak murah.

Apalagi, rasio waktu praktik dan teori jurusan seni bisa dibilang 70:30. Di samping itu, banyak mahasiswanya yang menambah kredit mata kuliah untuk meningkatkan kompetensi masing-masing.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Masih tidak jauh dari bidang seni, jurusan DKV juga membutuhkan berbagai perlengkapan yang tidak murah. Meski demikian, biaya kuliah pokok jurusan ini dapat dikatakan tidak terlalu mahal.

Mahasiswa DKV membutuhkan perangkat teknologi dengan spek moncer agar bisa belajar desain interaktif, membuat ilustrasi, membuat animasi, dan lain sebagainya. Terlebih, ada peralatan lain yang diperlukan untuk menunjang belajar seperti printer, pensil graft, pen tablet, dan lainnya.

4. Broadcasting

Jangan salah, mahasiswa broadcasting juga membutuhkan alat praktikum seperti kamera, tripod, komputer atau laptop dengan spek yang bagus, microphone, atau lain sebagainya. Tentunya, biaya ini belum termasuk uang kuliah, uang gedung, ataupun buku-buku.

Walau begitu, sesudah lulus nanti, ada kesempatan untuk meniti karier di perusahaan penyiaran dengan gaji yang cukup mentereng.

5. Penerbang/Aviasi

Jurusan penerbangan di berbagai perguruan tinggi aviasi umumnya mencakup biaya kuliah sekitar Rp 500-800 juta. Tentunya, biaya ini sepadan dengan berbagai praktikum dan fasilitas serta sertifikasi yang didapatkan.

Jurusan ini mempunyai peminat yang cukup banyak, sebab ada prospek karier menjanjikan setelah lulus. Seorang pilot dapat mengantongi gaji sampai puluhan juta per bulan.

Itulah beberapa jurusan kuliah termahal di Indonesia. Kalian juga bisa mencari beasiswa selama studi atau mencari pekerjaan sampingan untuk meringankan biaya kuliah.



Simak Video "Kerennya Aksi TIFAL, Band Mahasiswa Berkebutuhan Khusus"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia