Mahasiswa, Intip Prospek Kerja Lulusan Perikanan di Berbagai Sektor

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 07 Mar 2022 19:00 WIB
Di masa pandemi ikan hias makin diminati warga. Dirjen Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Artati Widiarti menyebut terjadi peningkatan tren ikan hias selama pandemi.
Foto: Rifkianto Nugroho/Prospek Kerja Lulusan Perikanan di Berbagai Sektor
Jakarta -

Jurusan kuliah perikanan menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan karena kekayaan alam laut Indonesia yang besar dan sangat beragam.

Melansir laman resmi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran (Unpad), saat kuliah mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai ilmu untuk mengelola dan membudidayakan ikan konsumsi maupun ikan hias, memformulasikan pakan, mencegah dan menanggulangi penyakit ikan, mengelola lingkungan perairan untuk kehidupan sumberdaya hayati perairan, hingga mengelola penangkapan ikan laut.

Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali kemampuan untuk menyusun kelayakan usaha kegiatan perikanan, mengelola industri pengolahan hasil perikanan, serta menerapkan manajemen mutu produk pengolahan hasil perikanan untuk ekspor untuk meningkatkan nilai ekonomis limbah perikanan.


Kemampuan sebagai lulusan perikanan semacam itu sangat diperlukan di berbagai perusahaan. Lantas apa saja prospek kerja lulusan perikanan?

Berikut ini sederet peluang kerja bagi lulusan perikanan.

Daftar Prospek Kerja Lulusan Perikanan:


1. Instansi Pemerintah

Sama halnya dengan jurusan lain, instansi pemerintah juga membutuhkan Jurusan Perikanan. Salah satu lembaga pemerintah yang paling membutuhkan adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Selain itu, lulusan Perikanan juga punya peluang besar berkarier di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


2. Akademisi dan Tenaga Pendidik

Bagi kamu yang ingin terjun memajukan ilmu perikanan, menjadi akademisi atau tenaga pendidik bisa jadi jalan karier yang tepat. Misalnya menjadi guru di Sekolah Menengah Perikanan setelah lulus.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkarier di dunia pendidikan tinggi dengan menjadi peneliti, dosen, atau staf laboratorium, baik di universitas negeri maupun swasta.


3. Perusahaan Swasta

Banyak perusahaan swasta yang mencari lulusan dengan kompetensi bidang perikanan. Misal kamu bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan pantai, menjadi quality control produk perikanan di perusahaan, bekerja di pabrik ikan dan makanan, atau bekerja di pabrik pakan ikan atau pembibitan.


4. Peternak Ikan

Dengan kemampuan yang dimiliki lulusan perikanan, dunia bisnis juga bisa menjadi salah satu jalan karier.

Pada jurusan Budidaya Perikanan misalnya, lulusan akan memiliki banyak wawasan tentang teknik budidaya ikan air tawar dan air asin.

Dengan tambahan pemahaman di bidang bisnis, peternak ikan tentu bisa berkembang menjadi pengusaha yang memproduksi ikan dengan jumlah melimpah. Bahkan punya peluang besar untuk menjualnya ke berbagai pulau atau mengekspornya ke luar negeri.


Nah, itulah sederet prospek kerja lulusan perikanan yang perlu kamu ketahui. Apakah detikers tertarik kuliah di perikanan?



Simak Video "KKP Temukan Ribuan Kilogram Produk Ikan Impor Ilegal di Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia