5 Jurusan Kuliah Kesehatan yang Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 07 Feb 2022 17:30 WIB
Peluang Kerja Lulusan Farmasi
Foto: thinkstock
Jakarta -

Lulusan kuliah bidang kesehatan tidak selalu hanya dokter saja, tapi ada juga beberapa profesi yang juga dibutuhkan dunia kerja. Seperti perawat berlisensi, administrator, manajer fasilitas kesehatan, apoteker, dan lain-lain.

Bagi siswa SMA lulusan IPA yang tertarik bidang kesehatan, bisa mempertimbangkan jurusan selain dokter untuk memiliki karier di bidang kesehatan. Terlebih bagi jurusan yang lulusannya selalu dibutuhkan dunia kerja masa depan.

Apa saja jurusan kuliah bidang kesehatan itu? Berikut ini ulasannya.

5 Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan:

1. Keperawatan

Tidak hanya dokter, profesi perawat juga akan terus dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Maka dari itu jurusan keperawatan tetap banyak diminati, terlebih gaya hidup orang yang mulai meningkat kesadarannya soal kesehatan.

Setelah lulus, bidang keperawatan tidak hanya terbatas melayani di klinik atau rumah sakit saja. Ke depan akan banyak perawat yang diperlukan untuk perawatan pencegahan penyakit kronis misalnya diabetes dan obesitas.

2. Radiologi

Radiologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan implementasi radiasi gelombang.

Umumnya, jurusan radiologi di tingkat perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan D3 dan D4. Lulusan diploma 3 bergelar Ahli Madya Radiodiagnostik dan Radioterapi. Sedangkan untuk lulusan D4 bergelar Sarjana Sains Terapan (S.St).

Nantinya, lulusan radiologi akan dibutuhkan sesuai spesifikasinya seperti menjadi radiografer, ahli terapis radiologi, ahli teknologi pengobatan nuklir, teknisi radiologi medis, akademisi, hingga peneliti.

3. Farmakologi

Selanjutnya ada jurusan farmakologi yang memungkinan lulusannya menjadi apoteker ahli. Di bidang kesehatan, apoteker tak hanya diperlukan di apotek tetapi juga di organisasi penelitian, universitas, rumah sakit, industri farmasi, biotek dan lembaga pemerintah.

Bahkan bukan tidak mungkin di masa mendatang, apoteker akan diperlukan di perawatan rawat jalan, administrasi, asuransi, dan farmasi khusus.

Selain apoteker, menurut Crimson Education, lulusan Farmakologi juga bisa berkarier menjadi farmakolog, pharmaceutical sales representative atau marketing manager, dan penulis bidang kesehatan.

4. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik adalah gabungan dari ilmu teknik dan ilmu medis. Jurusan ini mempelajari sistem rekayasa yang dapat diaplikasikan pada biologi dan kedokteran untuk tujuan pelayanan kesehatan.

Adapun bidang ini juga membantu para profesional medis untuk mengumpulkan data, analisis, dan terapi. Oleh karena itu banyak perempuan yang berminat mengambil jurusan ini.

5. Fisioterapi

Jurusan fisioterapi akan mempelajari anatomi tubuh manusia beserta fungsinya. Lulusan fisioterapi akan dibutuhkan dunia kerja masa depan oleh klinik, rumah sakit, atau pusat kebugaran.

Selain itu, sebagai seorang fisioterapis juga bisa membuka jasa praktek sendiri sebagai konsultan layanan Fisioterapi, seperti untuk atlet atau orang-orang dengan penyakit tertentu.

Nah, itulah 5 jurusan kuliah kesehatan yang dibutuhkan dunia kerja masa depan. Apakah ada yang detikers incar?



Simak Video "Investasi Kesehatan Sedari Dini Upaya Prefentif Hidup yang Berkualitas di Usia Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia