10 Kampus Terpopuler di Instagram Tahun 2021, UGM Nyaris Saingi Oxford!

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 02 Feb 2022 09:00 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM), kampus yang masuk dalam daftar kampus terpopuler di Instagram dalam skala internasional. (Bagus Kurniawan/detikcom)
Jakarta -

Lembaga riset Emplifi merilis daftar perguruan tinggi dunia terpopuler di media sosial Instagram. Di antara sepuluh kampus yang dirilisnya, nama Universitas Gadjah Mada (UGM) muncul sebagai satu-satunya kampus dari Indonesia.

Hal ini pun diamini oleh Sekretaris Rektor UGM Gugup Kismono. Ia juga menyebut, UGM berhasil bersanding dengan kampus-kampus ternama dunia lainnya seperti, University of Oxford, Harvard University, dan Stanford University.

"UGM adalah kampus satu-satunya yang masuk 10 besar dari Indonesia. Masuk 10 besar bersama perguruan tinggi top dunia, seperti Harvard University, Stanford University, dan University of Oxford," kata Gugup yang dikutip dari laman resmi UGM, Selasa (1/2/2022).

Emplifi sendiri merupakan lembaga riset yang berfokus dalam big data, digital marketing, branding, dan media sosial. Pihaknya melakukan penilaian interaksi di akun media sosial berbagai perguruan tinggi dunia.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Emplifi pada akhir Januari 2021 lalu, ada 10 perguruan tinggi yang terdaftar. Dengan rincian, tujuh di antaranya berlokasi di Amerika Serikat dan dua kampus lainnya berasal dari Inggris.

Hal ini dapat terlihat pula bahwa UGM tidak hanya sebagai kampus yang mewakili Indonesia. Melainkan, UGM juga menjadi satu-satunya kampus di Asia yang masuk dalam peringkat. Mengutip akun Twitter resmi milik Emplifi, berikut daftar peringkat lengkapnya.

10 Kampus Paling Populer di Media Sosial Instagram

1. Harvard University

Total raihan: 18.933 interaksi

2. Texas A&M University

Total raihan: 13.753 interaksi

3. Universitas California, Los Angeles (UCLA)

Total raihan: 13.000 interaksi

4. Stanford University

Total raihan: 9.402 interaksi

5. The Ohio State University

Total raihan: 7.812 interaksi

6. Yale University

Total raihan: 7.443 interaksi

7. Brigham Young University (BYU)

Total raihan: 7.349 interaksi

8. University of Cambridge

Total raihan: 7.325 interaksi

9. University of Oxford

Total raihan: 6.833 interaksi

10. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Total raihan: 6.622 interaksi

Merespons prestasi ini, Gugup menyebutnya sebagai kebanggan tersendiri bagi UGM. Pasalnya, UGM juga masuk dalam daftar kampus paling populer di media sosial posisi pertama versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021 beberapa waktu lalu.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri, bahwa UGM bisa bersanding dengan universitas papan atas yang namanya telah mendunia," ucap Gugup.

Gugup menambahkan, UGM sendiri memiliki beragam media sosial mulai dari Instagram, Facebook, hingga Tik Tok. Penggunaan media sosial yang beragam ini, bertujuan untuk menjangkau kelompok audiens sesuai dengan karakter usianya.

"UGM akan terus beradaptasi dengan melakukan berbagai penyesuaian penggunaan bauran media komunikasi. Dengan begitu informasi yang disampaikan dapat semakin menjangkau generasi muda namun tidak meninggalkan generasi sebelumnya," kata dia.

Untuk itulah, kata Gugup, penting bagi tiap kampus untuk mengelola laman resmi dan media sosial. Hal ini dilakukan agar membentuk citra dan melakukan komunikasi publik. Melalui media sosial, informasi juga dapat tersebar secara luas dan mudah diakses oleh siapa saja.



Simak Video "Prilly Latuconsina Jadi Dosen Praktisi di UGM"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia