Sempat Muncul di Polling Kabinet Jokowi, Inilah Prof JJ Rektor Unhas Terpilih

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 08:30 WIB
Rektor terpilih Unhas Prof Jamaluddin Jompa (dok. istimewa)
Foto: Rektor terpilih Unhas Prof Jamaluddin Jompa (dok. istimewa)
Jakarta -

Profesor Jamaluddin Jompa resmi jadi Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) terpilih untuk periode 2022-2026. Keputusan ini didapat melalui rapat paripurna terbuka luar biasa Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas pada Kamis 27 Januari 2022.

Seperti dikabarkan dalam akun Instagram Unhas, Jamaluddin Jompa memperoleh 11 dari total 25 suara. Sosok yang pernah muncul dalam polling bertajuk Kabinet Alternatif Usulan Rakyat ini akan dilantik 28 April 2022.

Kabinet tersebut diajukan Relawan Jokowi Center dan Radio Jokowi, melalui polling yang disodorkan kepada masyarakat pengguna internet. Dalam arsip detikFinance 2014, Prof JJ diusulkan sebagai calon Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ketua MWA Unhas, Komjen. Pol. (Purn) Syafruddin, memimpin dalam rapat penetapan rektor dan bertindak sebagai pengetuk palu. Acara ini dapat dilihat melalui channel YouTube kampus Unhas.

"Berdasarkan rapat paripurna Majelis Wali Amanat menetapkan Saudara Prof. Dr. Ir, Jamaluddin, M.Sc. sebagai Rektor terpilih Universitas Hasanuddin periode tahun 2022-2026," ucap Syafruddin dalam Rapat Paripurna Terbuka Luar Biasa MWA: Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026, Kamis (27/01/2022).

Profil Jamaluddin Jompa

Sebelum terpilih sebagai Rektor Unhas, Prof JJ menjabat sebagai Dekan Pascasarjana Unhas. Mengutip dari Unhas, Jamaluddin Jompa sebelumnya menempuh studi jenjang sarjana di Universitas Hasanuddin.

Prof JJ kemudian melanjutkan jenjang S2 di McMaster University Kanada dan S3 di James Cook University Australia. Pakar ekologi terumbu karang tersebut sejak SMP sudah bercita-cita menjadi peneliti.

Jamaluddin memilih jurusan IPA saat SMA dan tertarik dengan kimia karena ada banyak hal yang menurutnya menarik. Dalam arsip Identitas Unhas dikatakan, dia dahulu selalu mempraktikkan sains. Prof JJ juga selalu tertarik pada segala hal tentang laut.

"Dari dulu saya tertarik dengan laut karena laut menginspirasi saya bahwa laut itu penuh dengan misteri. Laut itu seperti apa? Isinya seperti apa? Sifatnya bagaimana?" Jamaluddin mengisahkan.

Oleh sebab itu, ketika masuk kuliah, lulusan Marine Biology James Cook University ini memilih ilmu perikanan karena terdekat dengan ilmu kelautan.

Sejak masih kuliah pun Jamaluddin selalu membaca hasil-hasil penelitian. Dirinya menilai, penelitian selalu membawa kemaslahatan bagi manusia.

Pesannya dalam sebuah wawancara bersama Identitas Unhas, Jamaluddin mengatakan agar generasi muda khususnya yang datang dari latar belakang keluarga kurang mampu, untuk tidak takut bercita-cita menjadi lebih sukses.

"Bermimpilah seindah mungkin, bermimpilah untuk menjadi kebanggaan keluarga dan orang-orang yang mencintaimu, bermimpilah dengan mimpi yang terbaik," pesan Rektor Unhas terpilih ini kala itu.



Simak Video "Polisi Tangkap Puluhan Mahasiswa yang Hendak Tawuran di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia