Ingin Kuliah di IPB University? Ini Daftar Jalur Masuk Program S1 untuk 2022

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 25 Jan 2022 14:33 WIB
IPB University
Foto: IPB University
Jakarta -

IPB University merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik yang ada di Indonesia. Terbukti dalam pemeringkatan 3 lembaga Internasional, IPB masuk dalam daftar sepuluh besar.

Berdasarkan lembaga Unirank , IPB menempati peringkat 7 universitas terbaik Indonesia, kemudian versi Quacquarelli Symonds World University Ranking (WUR) 2022, IPB menempati peringkat 5. Bahkan versi Webometrics IPB menjadi top 3 universitas terbaik di Indonesia.

Tidak hanya soal peringkat, kampus yang dikenal sebagai kampus pertanian terbaik ini juga memiliki prestasi dalam bidang non keilmuan pertanian.

Sebut saja prestasi dua dosen yang baru-baru ini diakui sebagai Top 100 ilmuwan Indonesia dalam bidang Bisnis dan Manajemen.

Kedua dosen IPB tersebut masuk dalam daftar pemeringkatan dunia yang dikeluarkan oleh AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index).

Nah, bagi siswa yang ingin kuliah di IPB University, berikut daftar jalur masuk yang bisa diikuti.

Daftar Jalur Masuk Program S1 IPB University:

Mengutip laman Instagram @ipbofficial dan situs resmi IPB, jalur masuk program sarjana adalah sebagai berikut:

A. Melalui Tes

1. UTBK-SBMPTN

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Hasil UTBK yang diikuti oleh peserta merupakan kriteria utama untuk menentukan hasil seleksi SBMPTN.

2. UTMBK

UTM-BK merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019.

Pada tahun 2021, UTMBK dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi, yaitu berdasar hasil "UTMBK online" IPB dan berdasar hasil skor UTBK LTMPT.

Peserta bisa memilih salah satunya apakah menggunakan skor UTBK LTMPT atau mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer IPB yang dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing, atau bisa mendaftar keduanya.

3. Kelas Internasional (WNI)

Metode seleksi program Internasional sama dengan metode jalur UTM IPB melalui ujian tulis dalam Bahasa Inggris. Ujian tulis meliputi Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika. Khusus untuk Program Studi Kedokteran Hewan terdapat materi ujian mengenai Kedokteran Hewan.

4. Kelas Internasional (WNA)

Sama halnya dengan Kelas Internasional WNI, ujian tulis meliputi Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika. Khusus untuk Program Studi Kedokteran Hewan terdapat materi ujian mengenai Kedokteran Hewan.

5. SMM-PTN Barat 2022

Program SMM PTN-BARAT pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama.

SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

B. Melalui Rapor

1. SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dimulai pendaftarannya pada 14-28 Februari 2022.

2. PIN
Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) ditujukan kepada lulusan SMA/Sederajat atau SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler.

3. Kelas Internasional (WNI)
Metode seleksi program Internasional dengan menggunakan nilai rapor.

4. Ketua OSIS

Skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB.

5. BUD

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah.

Nah, itulah daftar jalur masuk program sarjana di IPB University tahun 2022. Semoga detikers berhasil, ya!



Simak Video "Mahasiswa Geruduk DPR RI Protes Harga Sembako-Gaji Guru"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia