4 Sekolah Kedinasan yang Cocok untuk Anak IPA dan SMK, Banyak Peluang Kuliah Gratis

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 25 Jan 2022 10:00 WIB
Taruna STMKG (dok. STMKG)
Foto: Taruna STMKG (dok. STMKG)
Jakarta -

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang punya ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan, demikian menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui portal SSCASN Sekolah Kedinasan 2021.

Dengan adanya ikatan dinas tersebut, para peserta didik berkesempatan untuk menjadi calon aparatur sipil negara (CPNS). Selain peluang menjadi CPNS, sebagian besar sekolah kedinasan juga menerapkan biaya pendidikan serta biaya hidup yang ditanggung penuh, sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Perihal syarat akademik , sekolah kedinasan pun membuka peluang yang sama seperti perguruan tinggi pada umumnya. Siswa SMA/MA jurusan IPA/IPS ataupun siswa SMK memiliki kesempatan mendaftar.

Khususnya bagi siswa jurusan IPA dan SMK, berikut ini sejumlah sekolah kedinasan yang punya persyaratan cocok untuk kalian.

4 Sekolah Kedinasan untuk Siswa Jurusan IPA atau SMK

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Pada tahun kemarin, registrasi calon taruna Poltek SSN berlangsung pada 09-30 April 2021. Lulusan institusi ini berkesempatan untuk bekerja di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau juga di instansi pemerintah wilayah pusat dan daerah.

Para tarunanya dapat mempelajari hardware/software security engineer, cryptographic engineer, dan lainnya. Berdasarkan syarat penerimaan di tahun lalu, siswa SMK yang diperbolehkan mendaftar kemari adalah jurusan elektronika serta bidang teknologi informasi dan komunikasi (jaringan, aplikasi, sistem informatika, teknik komputer jaringan, dan rekayasa perangkat lunak).

2. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun atau yang disingkat sebagai PPI Madiun adalah institusi pendidikan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan. Jurusan yang ditawarkan di sini adalah D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

Seluruh jurusan tersebut hanya diperuntukkan bagi siswa IPA dan SMK. Adapun masing-masing syarat khusus bagi siswa SMK adalah:

  • D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian: SMK jurusan teknologi konstruksi dan properti, geospasial, dan teknik geomatika
  • D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian: SMK jurusan teknik komputer dan informatika, teknik telekomunikasi, teknik elektronika, teknik ketenagalistrikan, dan teknik instrumentasi industri
  • D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian: SMK jurusan teknologi konstruksi dan properti, teknik mesin, teknik industri, teknik ketenagalistrikan, teknik otomotif, teknik elektronika, teknik instrumentasi industri, teknik telekomunikasi, teknik komputer dan informatika.
  • D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian: SMK jurusan teknik mesin, teknik ketenagalistrikan, teknik industri, teknik otomotif, dan teknik elektronika.

3. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah kedinasan STMKG yang dinaungi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini menyediakan beberapa pilihan jurusan, yaitu D4 Klimatologi, D4 Meteorologi, D4 Geofisika, dan D4 Instrumentasi.

Pendaftaran STMKG dibuka untuk siswa SMA atau MA segala jurusan. Namun, siswa SMK yang berhak mendaftar hanya mereka yang berasal dari kompetensi keahlian teknik mekatronika, teknik transmisi telekomunikasi, teknik elektronika industri, teknik jaringan akses, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak.

4. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) berada di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS). Sejumlah jurusan yang ada di politeknik ini adalah DIV Statistika, D III Statistika, dan D IV Komputasi Statistik.

Menurut syarat umum pendaftaran STIS tahun kemarin, siswa SMA/MA jurusan IPA maupun IPS boleh mendaftar. Akan tetapi, siswa SMK yang bisa ikut serta hanya yang berasal dari jurusan teknik komputer dan informatika.

Itulah beberapa sekolah kedinasan yang cocok untuk siswa IPA. Detikers juga ingin coba mendaftar?



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia