Pemilihan Calon Rektor UGM Dibuka untuk Umum, Apa Saja Kriterianya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 17:45 WIB
Gerbang kampus UGM.
Foto: Dok Humas UGM
Jakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka peluang untuk masyarakat umum yang ingin mengikuti seleksi calon rektor periode 2022-2027. Proses pendaftaran telah dibuka mulai hari ini, Senin (24/1/2022).

Sekretaris Dua Panitia Kerja (Panja) Seleksi dan Pemilihan Calon Rektor UGM M Baiquni menyampaikan persiapan pelaksanaan dan pemilihan bakal Rektor UGM sudah dimulai sejak tahun lalu. Tepatnya bulan Desember tahun 2021 sudah pembentukan panitia.

"Ada tiga tahapan proses seleksi yaitu penjaringan bakal calon rektor oleh panitia kerja, seleksi calon rektor oleh senat akademik, dan pemilihan serta penetapan calon rektor," ujar Baiquni dalam acara Bincang Seleksi Rektor UGM Update di Youtube, Senin (24/1/22).

Sekretaris Satu Panja UGM Sulistiowati memaparkan ada sederet persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar.

"Pertama warga negara Indonesia (WNI), kedua dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari universitas di seluruh Indonesia atau dosen non PNS dari UGM, bergelar doktor, belum 60 tahun saat rektor tersebut terlantik," ujar Sulis.

Lebih lanjut Panja UGM juga menjelaskan sosok yang tepat untuk calon Rektor UGM.

"Kita mencari sosok yang terbaik untuk calon rektor, misalnya Rektor UGM Professor Yohannes dia kelahiran Rote, Professor Yakub dari Aceh, dan Professor Sofyan dari Bangka. Berbagai daerah pernah memimpin UGM. Oleh karena itu kita berupaya untuk mencari calon-calon terbaik di Indonesia yang memiliki karakter dan dapat membuat UGM lebih maju," ujar Baiquni.

Bauquni juga berharap calon rektor memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan. Selanjutnya, kemampuan untuk melakukan kolaborasi berkaitan solidarity makers yang tidak hanya tentang UGM tetapi bersama masyarakat luas juga.

Sementara itu, Sulis menambahkan agar calon rektor mampu mempertahankan peringkat terunggul nasional dan peringkat secara global baik dari Quacquarelli Symonds melalui skema World University Ranking (WUR) dan Times Higher Education.

"Harus cerdas mampu menangkap peluang, memperluas jejaring kerja sama, sehingga memberikan dampak yang signifikan baik secara finansial dan sumber daya manusianya. Harus mampu membuat keputusan secara cepat dan tepat agar dapat menghadapi disrupsi," tambah Sulis.

Adapun berikut adalah jadwal pelaksanaan pemilihan calon Rektor UGM :

1. Pendaftaran: 24 Januari - 9 Maret 2022

2. Seleksi Administrasi: 24 Maret - 6 April 2022

3. Forum Aspirasi Masyarakat Universitas: 18 - 29 April 202

4. Seleksi oleh Senat Akademik: 9 -13 Mei 2022

5. Pemilihan dan Penetapan oleh Majelis Wali Amanat (MWA): 17 - 20 Mei 2022

Ketua Panja UGM Subagus Wahyuono menyampaikan jika Rektor UGM dapat menjabat selama dua periode.

"Rektor UGM bisa dua periode, sejauh mengikuti persyaratan. Jadi misalnya usia 40 saat menjadi Rektor terus daftar lagi itu bisa. Untuk rektor yang terpilih dilantiknya belum jelas tapi kurang lebih 27 Mei menunggu masa jabatan Rektor lama habis," kata Bagus.



Simak Video "UGM Cari Rektor"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia