Beda Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 15:30 WIB
ilustrasi kelulusan
Ilustrasi wisuda dari pendidikan tinggi. Foto: thinkstock
Jakarta -

Indonesia memiliki beragam model pendidikan tinggi. Ragam pendidikan tinggi tersebut yaitu universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi.

Bagi detikers yang merupakan calon mahasiswa, penting untuk mengetahui perbedaan institusi pendidikan tinggi tersebut. Kira-kira apa saja bedanya? Berikut penjelasannya dikutip dari laman Politeknik Negeri Jakarta,

Beda universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi

A. Universitas

Di Universitas ada pendidikan akademik dan vokasi. Pendidikan akademik untuk program sarjana, magister, dan doktor sedangkan vokasi untuk program D3/D4.

Ada beragam fakultas yang terdiri dari bermacam-macam jurusan di universitas. Selain itu juga ada pembagian rumpun ilmu seperti ilmu alam, ilmu terapan, ilmu sosial, ilmu humaniora, dan lain sebagainya.

Contoh universitas adalah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Gadjah Mada.

B. Institut

Institut memiliki model pendidikan tinggi yang hampir sama dengan universitas. Ada pendidikan berbasis akademik dan vokasi.

Perbedaan keduanya terletak pada keilmuannya. Jika di institut fakultasnya berasal dari satu keilmuan. Contohnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berfokus pada ilmu alam dan Institut Seni Indonesia (ISI) yang belajar seputar seni.

C. Sekolah tinggi

Sekolah tinggi hanya memiliki satu fakultas dan beberapa jurusan di fakultas tersebut. Contohnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) yang belajar seputar ilmu statistik mulai dari teori, pratik, hingga penyajiannya.

Selain STIS, masih ada beberapa sekolah tinggi lain di Indonesia. Sekolah tersebut adalah Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI).

D. Politeknik

Politeknik hanya menyediakan pendidikan tinggi berbasis vokasi. Di politeknik mahasiswa lebih dilatih kemampuan praktik daripada teori.

Contoh politeknik di Indonesia adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Bandung (Polban), Politeknik Negeri Media Kreatif (Polmed), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Bali.

E. Akademi

Akademi hampir mirip dengan politeknik. Perbedaannya adalah akademi hanya menyediakan satu cabang ilmu sedangkan politeknik dari beberapa ilmu.

Contoh akademi yaitu Akademi Gizi Surabaya, Akademi Minyak dan Gas Bumi (Akamigas-STEM), Akademi Kimia Analis Jawa Barat, Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta, Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol), Akademi Militer Republik Indonesia (Akmil), dan sebagainya.

Itulah perbedan model pendidikan tinggi di Indonesia. Jadi detikers tertarik berkuliah di universitas, institut, politeknik, sekolah tinggi, atau akademi nih?



Simak Video "Momen Jokowi Resmikan Politeknik Ben Mboi di NTT Bareng Prabowo"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia