Unud Bali Terima 6.549 Mahasiswa Baru di 2022, Berapa Kuota untuk SNMPTN?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 17 Jan 2022 11:00 WIB
Universitas Udayana Bali
Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Jakarta -

Jelang dimulainya seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, Universitas Udayana (Unud) Bali membeberkan jumlah kuota mahasiswa baru yakni sebanyak sebanyak 6.549. Jumlah tersebut didapatkan dari tiga jalur seleksi yakni SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri.

"Pelaksanaan seleksi akan dilaksanakan secara terpusat melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dengan tiga jalur seleksi yaitu SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri," kata Rektor Unud I Nyoman Gde Antara dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (17/1/2022).

Kuota untuk SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri

Ada 49 program studi dan 3 diploma yang akan menerima mahasiswa baru Unud tahun 2020. Dari setiap jalur, persentase jumlah mahasiswa baru yang diterima berbeda-beda.

Kuota untuk masing-masing jalur, yakni minimum 20 persen untuk SNMPTN, SBMPTN minimum 40 persen dan seleksi mandiri maksimum 30 persen dari total daya tampung sebanyak 6.549 orang.

"Berdasarkan informasi penting dari LTMPT terkait penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, jalur SNMPTN seleksinya berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN," ungkap Rektor.

Kemudian untuk jalur SBMPTN, seleksinya berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN di mana pelaksanaan tes menggunakan komputer. Sementara untuk seleksi jalur mandiri dapat menggunakan nilai UTBK.

Pengisian PDSS dan Registrasi Akun LTMPT

Bagi siswa yang tertarik mendaftar di Unud, harus memiliki akun di LTMPT guna melakukan pengisian PDSS, pendaftaran SNMPTN dan pendaftaran UTBK SBMPTN.

Adapun registrasi Akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN untuk sekolah dimulai 4 Januari sampai 15 Februari 2022 dan siswa mulai 10 Januari hingga 15 Februari 2022.

Pendaftaran SNMPTN sendiri dimulai 14 hingga 28 Februari 2022 dan pengumuman hasil SNMPTN pada tanggal 29 Maret 2022.

Sementara untuk UTBK SBMPTN, Registrasi akun LTMPT dimulai 14 Februari sampai 17 Maret 2022 dan pendaftaran dimulai 23 Maret sampai 15 April 2022. Pengumuman hasil SBMPTN dilakukan pada 23 Juni 2022.

Rektor Antara berharap, informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di Unud dapat diterima sejelas-jelasnya oleh para kepala sekolah.

Selanjutnya, kepala sekolah diharapkan meneruskan informasi kepada anak didik di institusi masing-masing.

"Beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian antara lain persyaratan peserta, jadwal pelaksanaan dan kelompok ujian. Jangan sampai anak didik tidak mengetahui informasi ini karena akan berdampak pada proses pendaftaran untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri," jelasnya.

Siswa dan Sekolah Harus Mengikuti Jadwal

Sementara itu, mengutip laman resmi Unud, terdapat beberapa hal yang harus dipahami dalam sistem penerimaan mahasiswa baru 2022 yakni pelaksanaannya full berbasis IT.

Untuk itu diharapkan sedapat mungkin untuk mengikuti jadwal yang ada karena bisa menimbulkan konsekuensi baik bagi sekolah maupun anak didik.

Terakhir, Rektor Antara juga menyampaikan beberapa hal terkait proses seleksi yang dilaksanakan secara nasional dan serentak di Indonesia dengan melibatkan 75 Perguruan Tinggi Negeri, 39 Politeknik Negeri dan 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

"Manakala ada anak didik yang ingin melanjutkan pendidikan pada salah satu perguruan tinggi dimaksud harus ikut seleksi melalui sistem ini, dan apabila ada anak didik yang ingin menempuh pendidikan di luar Bali pada salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam sistem ini dapat mengikuti proses seleksi di Unud dengan mengisi data sesuai dengan PTN yang dipilih," pungkasnya.



Simak Video "Merajut Asa Kembali ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia