5 Program Master di Luar Negeri untuk Berantas Korupsi, Tertarik Daftar?

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 15 Jan 2022 13:12 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Indonesia berada di peringkat 102 dari 180 negara di dunia dengan kasus korupsi terbanyak. Peringkat tersebut diperoleh dari laporan Indeks Persepsi Korupsi (CPI) pada tahun 2020.

Selain itu, menurut data dari Transparency International, Indonesia menjadi salah satu negara terkorup di antara negara G20 lainnya dengan skor 37 pada skala 0-100. Dari dua data tersebut dapat disimpulkan jika Indonesia merupakan negara dengan tingkat korupsi tinggi.

Apa detikers memiliki cita-cita untuk memberantas korupsi? Jika iya berikut universitas yang menyediakan program master untuk memberantas korupsi.

Program Master untuk Berantas Korupsi

1. MA in Corruption and Governance - University of Sussex (Inggris)

Program master ini menjadi satu-satunya di Inggris yang berfokus pada korupsi. Melansir laman University of Sussex, nantinya kalian akan mempelajari berbagai pendekatan untuk memberantas kasus korupsi. Selain itu, mahasiswa juga akan mengulas tentang sistematika dari penyalahgunaan wewenang kasus korupsi yang dilakukan oleh politikus dan sebagainya.

Di program ini juga menawarkan solusi untuk memberantas kasus korupsi.

2. Master Anti Corruption Studies (MACS) - International Anti Corruption Academy (IACA) (Austria)

Program ini menawarkan berbagai modul online interdisipliner yang berfokus pada konsep dan perspektif untuk mencegah dan melawan korupsi. Program master ini diajarkan secara online dan dapat diambil paruh waktu. Program ini dapat diselesaikan maksimal 2 tahun. Jadi kalian dapat mengambilnya sembari bekerja.

3. Master in Anti Corruption and Diplomacy (MACD) - International Anti Corruption Academy (IACA) - Joint Partner with Unitar, Swiss

Program master ini diadakan oleh IACA dan Unitar dengan durasi studi 18 bulan. Program ini nantinya akan mempelajari mengenai konsep dan praktik untuk mencegah korupsi dan membangun diplomasi.

4. Msc in Economic Crime - University of Portsmouth (Inggris)

Pada program master economic crime, kalian akan mempelajari tentang penipuan, korupsi, pencucian uang, kejahatan kekayaan intelektual, kartel dan penyalahgunaan pasar. Dengan mengambil master ini akan meningkatkan karier dalam penegakan hukum, investigasi, kepatuhan, penelitian, analisis, manajemen atau pengembangan kebijakan.

5. Master of Public Policy: Integrity and Anti - Corruption Specialisation - Crawford School of Public Policy, Australia National University (Australia)

Program master ini menawarkan teori dan praktik yang mempelajari korupsi dan anti korupsi. Nantinya mahasiswa akan mempelajari definisi, penjelasan, dan langkah-langkan korupsi yang berhubungan dengan pembangunan, politik, dan budaya.

Pada program ini juga diajarkan untuk mengevaluasi langkah-langkah anti korupsi termasuk di kampanye, komisi anti korupsi, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Itulah daftar program master yang berfokus pada pencegahan korupsi. Apakah detikers tertarik belajar di kampus-kampus tersebut?



Simak Video "Free Fire Hadirkan Format Baru di Turnamen Spring 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia