6 Jurusan IPA yang Gampang Dapat Kerja, Ada Incaranmu?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 12 Jan 2022 19:30 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
Foto: iStock
Jakarta -

Dalam memilih jurusan kuliah harus mempertimbangkan berbagai hal. Jika kalian masih bingung memilih jurusan kuliah apa, kalian dapat memilih jurusan dengan prospek kerja tinggi.

Namun tidak hanya itu, dalam memilih jurusan kuliah selain melihat prospek kerjanya kalian juga bisa memilih berdasarkan minat. Jika berkuliah sesuai dengan minat maka nantinya perkuliahan dapat dijalani dengan antusias dan semangat.

Berikut adalah jurusan IPA yang memiliki prospek kerja tinggi yang dikutip dari CNN Indonesia

6 Jurusan Kuliah IPA yang Gampang Dapat Kerja

1. Farmasi

Bagi detikers yang ingin terjun ke dunia medis, maka jurusan Farmasi bisa menjadi pilihan. Farmasi merupakan elaborasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Lulusan jurusan Farmasi nantinya dapat bekerja di fasilitas-fasilitas kesehatan. Selain itu mereka juga dapat bertanggung jawab dengan obat-obatan. Lulusan Farmasi juga dibutuhkan di berbagai industri termasuk kecantikan.

2. Teknik Geofisika

Apa kalian memiliki minat untuk menggali lebih dalam mengenai bumi? Jika iya kalian dapat memilih jurusan teknik geofisika. Di jurusan ini nantinya akan mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamika bumi. Selanjutnya yaitu melakukan pengukuran serta pemrosesan data dari suatu gejala alam.

Teknik geofisika juga mempelajari bencana alam yang disebabkan alam seperti gempa bumi, tanah longsor, dan patahan lempeng. Hal tersebut dipelajari guna mengetahui mitigasi bencana yang tepat.

3. Bioteknologi

Di era pandemi saat ini, jurusan ipa yang memiliki prospek kerja yang tinggi yaitu bioteknologi. Salah satu hal yang dipelajari dalam yaitu vaksin.

Seorang ahli bioteknologi nantinya akan memiliki keahlian untuk memanfaatkan makhluk hidup seperti bakteri, virus, fungi, enzim, dan alkohol. Ahli bioteknologi juga banyak berperan dalam bidang kesehatan, energi terbarukan, pertanian, peternakan, dan perairan.

4. Statistika

Saat bersekolah statistika masuk ke dalam pelajaran matematika. Namun di perkuliahan statistika menjadi program studi tersendiri.

Di jurusan statistika kalian akan mempelajari pengolahan data. Nantinya data yang terkumpul akan dianalisis dan disajikan ke dalam format yang lebih mudah dimengerti.

Lulusan statistika dapat bekerja sebagai aktuaris dan manajemen risiko, analis data, konsultan statistika, industri perbankan, dan juga lembaga riset.

5. Teknik Kimia

Di jurusan Teknik Kimia nantinya tidak hanya mempelajari teori saja tetapi juga mempelajari penerapan ilmu kimia dalam produksi bahan dan produk. Selain itu mahasiswa nantinya akan mempelajari penerapan prinsip ilmu alam dengan prinsip-prinsip ekonomi dan interaksi antar manusia.

6. Fisika

Jurusan Fisika akan mempelajari materi dan energi dalam lingkup ruang dan waktu agar dapat memahami perilaku alam semesta. Walaupun sulit, ilmu fisika adalah dasar dari berbagai teknologi terapan masa kini seperti nano teknologi, sensor, instrumen medis dan sistem fisis (pemodelan cuaca dan iklim).

Itulah jurusan IPA dengan prospek kerja tinggi. Ada jurusan incaran kalian, detikers?



Simak Video "Misteri Multiverse"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia