9 Jurusan Kuliah Paling Dicari di Masa Depan, Ada yang Kamu Incar?

Trisna Wulandari - detikEdu
Minggu, 26 Des 2021 10:00 WIB
Jurusan Kuliah
Jurusan kuliah paling dicari di masa depan, apa saja? Foto: Luthfy Syahban/detikcom
Jakarta -

Beberapa jurusan kuliah menawarkan studi yang sejalan dengan profesi paling dicari di masa depan. Berbagai ilmu dan kecakapan yang diajarkan tidak dapat digantikan dengan robot atau mesin, sehingga lulusannya pun kian dicari.

Bay Atlantic University di Washington D.C., Amerika Serikat merangkum 9 bidang jurusan yang paling dicari di masa depan tersebut. Apa saja?

Jurusan Paling Dicari di Masa Depan

1. Teknik

Teknik Sipil, Teknik Pertambangan dan Perminyakan merupakan salah satu jurusan teknik yang masih dicari di masa depan. Namun, lulusan jurusan teknik yang dekat dengan bidang teknologi diprediksi bakal paling dicari di antara jurusan-jurusan teknik lain.

Layanan teknik seperti pembangunan kembali infrastruktur, energi terbarukan, ekstraksi minyak dan gas, serta robotika merupakan bidang yang pada dasarnya bakal butuh banyak tenaga kerja. Karena itu, kamu juga bisa menganalisis jurusan apa saja yang menyediakan studi terkait.

2. Kesehatan

Perawat berlisensi, perawat anestesi, perawat kebidanan, hingga administrator dan manajer fasilitas kesehatan merupakan beberapa posisi dari banyak profesi bidang kesehatan yang dicari di masa depan.

Karena itu, lulusan jurusan keperawatan, manajemen rumah sakit, dan kebidanan, di samping lulusan pendidikan kedokteran, juga banyak dibutuhkan.

3. Psikologi

Jurusan psikologi jadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari di masa depan seiring makin sadarnya masyarakat modern akan pentingnya layanan kesehatan mental. Jasa konseling dan psikologi yang kini kian banyak juga membutuhkan jumlah tenaga kerja yang lebih besar.

Jika tertarik dengan psikologi, kamu bisa mencari jurusan di kampus incaran yang menyediakan studi tentang psikologi klinis, psikiatri, neuropsikiatri, konseling, psikologi organisasional, dan lain-lain sesuai minat.

Perlu diingat, beberapa studi yang terkait dengan psikologi di Indonesia terkadang ditemukan di pendidikan spesialis kedokteran, seperti spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri. Jadi, cermati pilihan yang cocok denganmu, ya.

4. Ilmu Komputer dan IT

Software developer atau pengembang perangkat lunak jadi salah satu profesi paling dicari saat ini. Sebab, para software developer mampu membuat aplikasi berbasis web yang membantu berbagai perusahaan tetap terhubung dengan konsumennya lewat pemanfaatan teknologi dan kreativitas.


Di samping itu, orang dan perusahaan juga mengandalkan komputer beserta aplikasinya untuk mengelola bisnis, berbelanja, dan mencari hiburan.

Pemrograman, data science, keamanan privasi, dan lain-lainnya bisa dipelajari di jurusan terkait ilmu komputer dan teknologi informasi atau IT. Oh iya, jangan lupa cek lebih jauh studi yang ditawarkan terkait IT dan ilmu komputer di kampus incaran kamu ya, sebab penamaan dan pelajarannya sering berbeda-beda.

5. Bisnis

Bidang jurusan bisnis juga merupakan salah satu jurusan paling dicari di masa depan. Sebab, bidang jurusan bisnis meliputi kebutuhan esensial di masa kini, mulai dari jasa keuangan sampai pemasaran.

Nah, pilih salah satu jurusan bisnis yang cocok dengan minat kamu, seperti Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis, atau Kewirausahaan.

6. Akuntansi

Gelar akuntansi membekali siswa untuk karir seperti penilaian risiko dan analisis anggaran. Untuk bisnis, memelihara catatan keuangan yang baik adalah suatu keharusan, bukan pilihan.

Biro Statistik Tenaga Kerja menyatakan bahwa karir akuntansi dan audit tumbuh sekitar 4 persen dari 2019 hingga 2029.

Beragam tugas dan skill akuntan tidak bisa diduplikasi dengan mudah oleh program komputer. Karena itu, lulusan jurusan Akuntansi kian dicari di masa depan. Akuntansi punya lingkup peluang karier yang luas, seperti penilaian risiko, analisis anggaran, perpajakan, dan audit.


7. Ekonomi & Keuangan

Seperti halnya pekerjaan lulusan Akuntansi, pekerjaan di operasi keuangan diprediksi tumbuh 5 persen pada 2019 - 2029. Bidang ekonomi dan keuangan juga banyak mencari lulusan jurusan terkait untuk tingkat fresh graduate dan pemula, sehingga jadi pilihan menarik bagi mahasiswa yang berminat.

Agar punya pengalaman komprehensif, mahasiswa yang mengambil jurusan Ekonomi atau Keuangan juga bisa coba ambil mata kuliah terkait ekonomi internasional dan manajemen.

9. Pemasaran Digital

Media digital yang berkembang pesat seiring waktu membuka peluang besar untuk lulusan terkait pemasaran digital. Manajemen Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, sampai Desain Komunikasi Visual adalah beberapa jurusan yang paling dicari di masa depan terkait pemasaran digital.

Nah, itu dia 9 jurusan kuliah yang paling dicari di masa depan. Apakah ada jurusan yang sedang kamu incar?



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia