5 Alasan Kuat Calon Maba Harus Pilih Jurusan Ilmu Komputer, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 09 Des 2021 12:30 WIB
analisis big data
Foto: internet
Jakarta -

Menurut riset dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia setidaknya membutuhkan 9 juta sumber daya manusia (SDM) atau talenta digital hingga tahun 2030 agar dapat memajukan teknologi.

Salah satu jurusan kuliah yang diperhitungkan dalam kemajuan teknologi tentunya adalah Ilmu Komputer. Selain itu jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informatika juga banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Jurusan Ilmu Komputer sendiri nantinya akan mempelajari banyak hal seperti rekayasa perangkat lunak, pemrograman sistem, digitalisasi, AI, jaringan komputer, analisis numerik, desain dan Analisa algoritma, dan beberapa hal lainnya.

Berikut adalah alasan mengapa harus memilih jurusan Ilmu Komputer yang dikutip dari laman Binus:

1. Peluang Kerja Bervariasi

Ilmu Komputer adalah jurusan yang fleksibel dan banyak dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan. Pilihan karier bagi lulusan di bidang ilmu komputer adalah penguasaha di bidang digital, teknisi game, teknisi jaringan, desainer game, developer aplikasi dan software, tenaga komputerisasi, hingga pendidik.

2. Dapat Diterapkan di Berbagai Bidang

Ilmu Komputer adalah bidang keilmuan yang fleksibel dan dapat diterapkan ke banyak bidang. Misalnya dapat diterapkan di bidang pertanian, Ilmu Komputer dapat diterapkan dalam bentuk aplikasi untuk membantu para petani dalam memprediksi musim tanam atau robot yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan seperti menyuburkan tanah, menyiram tanaman, mempercepat proses panan, hingga memudahkan proses pembuatan produk hasil pertanian.

3. Peluang Berinovasi

Dengan mempelajari Ilmu Komputer juga dapat menstimulasi kemampuan dalam menciptakan inovasi baru.

Ada banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan inovasi-inovasi bermanfaat. Inovasi sendiri tidak harus diciptakan dalam skala besar. Tapi kalian bisa menciptakan alat sederhana seperti aplikasi untuk mengetahui lokasi hewan peliharaan ata prediksi cuaca tempat yang akan dikunjungi.

4. Dapat Memprediksi Masa Depan

Maksud dari memprediksi masa depan adalah kemampuan dalam mengolah data. Dalam pengolahan data sendiri melibatkan banyak hal dan informasi sehingga menghasilkan prediksi-prediksi akurat, contohnya adalah potensi letusan gunung berapi, populasi penduduk di sebuah negara, atau tinggi rendahnya angka kematian di sebuah tempat.

Prediksi tersebut sangat penting dan berguna untuk berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga manufaktur.

5. Cakupan Ilmu Luas

Ilmu Komputer tidak hanya murni belajar mengenai tentang komputer melainkan banyak hal seperi ekonomi, keuangan , pendidikan, kesehatan, pertanian, cuaca, aerodinamis, transportasi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu mahasiswa Ilmu Komputer harus memiliki wawasan yang luas dan dapat beradaptasi di segala kondisi.

Nah itulah alasan mengapa harus memilih jurusan Ilmu Komputer. Apa detikers berminat?



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia