Launching PMB, UMS Terima 8.000 Mahasiswa di 60 Prodi

Ari Purnomo - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 20:00 WIB
UMS
Kampus Universitas Muhammadiuah Surakarta (UMS) Foto: UMS
Sukoharjo - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Sukoharjo, Jawa Tengah telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022/2023 mulai Rabu (1/12/2021).

Sebanyak 8.000 kursi disediakan bagi mahasiswa baru yang merencanakan berkuliah di kampus UMS. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun ajaran sebelumnya.

"Untuk tahun ini kami menyiapkan kuota sebanyak 8.000 yang terbagi 12 fakultas dan 60 program studi," jelas Rektor UMS Sofyan Anif kepada wartawan usai launching PMB, Rabu (1/12/2021).

Guru Besar pada Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menambahkan, "Kalau tahun sebelumnya itu mencapai 8.163 mahasiswa baru dari 26.621 pendaftar."

Sofyan menyebut PMB UMS sebenarnya sudah dibuka sehari sebelumnya dengan jumlah pendaftar mencapai hampir 500 orang. "Untuk pendaftaran kami menggunakan sistem one day service (ODS), ini untuk mempermudah proses pendaftaran sampai dengan pengumuman karena berbasis IT," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, UMS memiliki perbedaan tersendiri jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain termasuk perguruan tinggi negeri.

"Perguruan tinggi lain masih ada yang menggunakan sistem konvensional yakni melalui tes, dan kami sudah berbasis IT. Selain itu kami juga sudah tidak menerapkan gelombang-gelombang dalam penerimaan mahasiswa baru," urainya.

Disinggung mengenai jurusan favorit di UMS, Sofyan Anif menyampaikan, cukup banyak yang begitu diminati oleh calon mahasiswa baru. Seperti kedokteran hingga psikologi.

"Yang favorit itu ada kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, teknik, keperawatan ini juga menjadi salah satu unggulan di kesehatan. Selain itu juga ada fisioterapi, psikologi, hukum dan ekonomi," ujarnya.

Bagi yang berminat untuk mendaftar bisa membuka linknya di https://pmb.ums.ac.id



Simak Video "Pengakuan Mahasiswa yang 'Di-SmackDown' Polisi: Agak Sedikit Pegal-pegal"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia