Kampus Ini Tawarkan Blended Learning, Cocok buat Para Gen-Z!

Kampus Ini Tawarkan Blended Learning, Cocok buat Para Gen-Z!

Angga Laraspati - detikEdu
Jumat, 26 Nov 2021 18:21 WIB
Prasetya Mulya
Foto: dok. Prasetya Mulya
Jakarta -

Di era digitalisasi saat ini, kemajuan dan inovasi pada bidang teknologi terus menunjukan kemajuan. Era ini pun mengakibatkan institusi pendidikan serta generasi Z harus tumbuh di dunia yang dipenuhi teknologi dan dapat berdampak pada metode pembelajarannya.

Alhasil, berbagai metode pelajaran baru coba diterapkan oleh para institusi pendidikan untuk menjawab tantangan pada era digitalisasi tersebut. Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah blended learning digital.

Dikutip dari courskey, blended learning adalah sebuah metode pembelajaran yang memakai pendekatan digital seperti konferensi web, eBook, video hingga game. Dengan menggabungkan aspek metodologi online dan tatap muka, blended learning memberikan berbagai manfaat untuk mahasiswa.

Di dunia ini pun ada beberapa kampus yang sudah menawarkan metode pembelajaran seperti ini dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Cambridge University

Salah satu kampus tertua dan terpopuler di Inggris ini menerapkan metode blended learning. Hal ini dilakukan Cambridge untuk meningkatkan pengalaman pendidikan dan membuatnya lebih aman.

Dengan cara ini, para siswa bisa belajar di waktu mereka sendiri dan mengakomodir rutinitas mereka secara mandiri.

Victoria University

Victoria University juga menjadi kampus yang mendukung proses mengajar dengan model e-learning atau blended learning. Dengan metode ini, Victoria University menerapkan mode belajar yang responsif terhadap lingkungannya.

Lewat model ini, Victoria University Model menggantikan teori berbasis kertas dengan kombinasi pengajaran tatap muka dan alat e-learning yang mudah digunakan yang dapat diselesaikan kapan saja, di mana saja.

University of Wisconsin

Kampus berikutnya adalah University of Wisconsin yang menerapkan blended learning. Metode ini dilakukan dengan menggabungkan kelas tatap muka dengan pembelajaran secara online, sehingga mengurangi jumlah kehadiran siswa di kampus.

Lebih dari 100 kelas blended learning ditawarkan setiap semester. Tentunya makin menarik karena siswa bisa mendaftarkan dirinya secara online.

Universitas Prasetiya Mulya

Salah satu kampus di Indonesia yaitu Universitas Prasetiya Mulya diketahui juga menggunakan metode blended learning dalam pembelajarannya di kampus. Melalui sistem ini, Universitas Prasetiya Mulya memberikan kesempatan untuk belajar teknologi baru sekaligus membimbing dan mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dalam dunia bisnis modern yang selalu berubah.

Prasetya MulyaFoto: dok. Prasetya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya juga memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memadukan kelas daring (online) maupun luring (offline) dengan perangkat-perangkat digital interaktif, seperti Dedicated Moodle, Audio & Video Studio, Hybrid Classroom, serta akses ke e-books and e-journals terpercaya.



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia