Universitas Pancasila Teken Kerjasama dengan Poltek Tempo dan Micro Film Academy

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 12 Nov 2021 21:51 WIB
Universitas Pancasila Teken Kerjasama dengan Poltek Tempo dan Micro Film Academy
Foto: Dokumentasi Universitas Pancasila
Jakarta - Universitas Pancasila pada Jumat, 12 November 2021 menandatangani nota kesepahaman dengan Politeknik Tempo dan juga kerjasama bidang akademik dengan Micro Film Academy. Dua kerjasama tersebut sebagai dukungan Universitas Pancasila terkait penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sebagai informasi, kebijakan Program MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan kesempatan bagi mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Salah satu Nota Kesepahaman diteken Universitas Pancasila bersama Politeknik Tempo, Jakarta. Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Universitas Pancasila dan Politeknik Tempo bekerjasama dalam mengintegrasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan Program MBKM.

Universitas Pancasila juga meresmikan kerjasama bidang akademik antara Micro Film Academy dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. Sebagai implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa dapat mengambil 20 Satuan Kredit Semester (SKS) di Micro Film Academy.

Sebagai informasi, Micro Film Academy merupakan institusi dari Malaysia yang memberikan pendidikan pada mahasiswa agar dapat hidup dan berorganisasi lebih baik lewat pembuatan film menggunakan alat-alat ukuran saku.

Dengan mengambil 20 SKS di Micro Film Academy, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila bisa mengikuti kelas pembuatan film dan mempelajari pembuatan konten media digital. Dengan begitu, mahasiswa bisa mengeksplorasi penyampaian pesan komunikasi melalui film yang diproduksi dan juga konten media digital.

Dikutip dari keterangan tertulis Universitas Pancasila, kerjasama pada penerapan MBKM tersebut menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Di samping itu, implementasi MBKM ini juga mendukung terbentuknya kelas kolaboratif dan partisipatif. Dengan demikian, harapannya, bisa tercipta pembelajaran efektif sesuai standar baru Kemendikbudristek.

Peresmian kerjasama penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka berlangsung di Gedung Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (FIKom UP). Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Nota Persetujuan ini dilakukan Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, S.H., M.Si., FCBArb, Dekan FIKom UP Anna Agustina, Ph.D, Direktur Politeknik Tempo Shalfi Andri, S.P., M.M, dan Direktur Micro Film Academy Gary Chong.

Simak Video "Kegelisahan Afgan Terhadap Budaya 'Oversharing'"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia