UI Jadi Kampus Terbaik Indonesia Versi QS Asia University Rankings 2022

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 03 Nov 2021 15:06 WIB
Perpustakaan UI
Perpustakaan UI (Foto: ui.ac.id)
Jakarta - Lembaga Pemeringkatan QS Quacquarelli Symonds merilis daftar universitas terbaik di QS Asia University Rankings 2022, Selasa (2/11/2021) waktu setempat. Sebanyak 34 perguruan tinggi Indonesia masuk pemeringkatan kali ini, dipimpin Universitas Indonesia di peringkat satu se-Indonesia.

Pemeringkatan QS Asia University Rankings 2022 merunut 687 universitas di Asia. Sebanyak 40 di antaranya merupakan pendatang baru di pemeringkatan. Dari 34 perguruan tinggi di Indonesia, tiga universitas merupakan entri baru.

Pemeringkatan ini menggunakan 11 indikator utama kinerja universitas. Indikator yang digunakan yaitu reputasi akademik 30 persen, kualitas lulusan di mata pemberi kerja 20 persen, perbandingan jumlah staf akademik penuh waktu per jumlah mahasiswa 10 persen, jaringan riset internasional 10 persen, dan sitasi per paper 10 persen serta papers per fakultas 5 persen.

QS Asia University Rankings 2022 juga menggunakan indikator staf akademik PhD 5 persen, proporsi fakultas internasional dan proporsi mahasiswa internasional masing-masing 2,5 persen, serta proporsi inbound dan outbound mahasiswa pertukaran masing-masing 2,5 persen.

UI Universitas Terbaik Indonesia Versi QS AUR 2021

UI menjadi universitas terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan QS Asia University Rankings 2021 dengan menempati posisi peringkat ke-11 di Asia Tenggara dan peringkat 56 di Asia dengan skor keseluruhan 58,1.56. Top 10 universitas terbaik di Indonesia versi QS AUR 2021 yaitu sebagai berikut:

  • 1. Universitas Indonesia / UI
    Peringkat Asia: =56
  • 2. Universitas Gadjah Mada / UGM
    Peringkat Asia: 59
  • 3. Institut Teknologi Bandung / ITB
    Peringkat Asia: 67
  • 4. Universitas Airlangga / Unair
    Peringkat Asia: 110
  • 5. IPB University
    Peringkat Asia: 112
  • 6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember / ITS Surabaya
    Peringkat Asia: =160
  • 7. Universitas Padjajaran
    Peringkat Asia: 192
  • 8. Universitas Diponegoro
    Peringkat Asia: 209
  • 9. Bina Nusantara University / Binus University
    Peringkat Asia: =220
  • 10. Universitas Brawijaya
    Peringkat Asia: =239

UI menempati peringkat ke-44 Asia dalam indikator Reputasi Pemberi Kerja dan peringkat ke-2 di Indonesia dalam indikator Reputasi Akademik setelah UGM. Peringkat terbaik Universitas Indonesia berdasarkan indikator berada pada Outbound Exchange Students dengan peringkat 22 se-Asia. Sementara itu, Ui menempati peringkat ke-31 berdasarkan indikator Inbound Exchange Students.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menanggapi positif hasil pemeringkatan QS Asia University Rankings 2022 yang menempatkan UI sebagai universitas terbaik di Indonesia.

"Terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UI atas semua kerja keras selama ini, sehingga UI menjadi perguruan tinggi peringkat pertama di Indonesia. Hasil yang kita dapatkan ini, jangan membuat kita berpuas diri. Terus tingkatkan kinerja, dan mari bersama-sama mewujudkan UI menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dan semakin diperhitungkan di skala global," ucapnya, Rabu (3/11/2021).

Ben Sowter, Director of Research QS, mengatakan, "Pada edisi tahun ini dalam perbandingan universitas-universitas di Asia menunjukkan bahwa universitas-universitas terbaik di Indonesia sedang menikmati rekognisi dari komunitas akademik global dan manajer perekrutan internasional."

Sowter menyarankan untuk peningkatan selanjutnya, para pemimpin pendidikan tinggi Indonesia harus membangun kemampuan dan infrastruktur penelitian untuk bersaing secara regional dengan negara-negara dengan tradisi penelitian yang lebih luas.



Simak Video "Dekan Fakultas Peternakan UGM Tewas dalam Kecelakaan di Tol Cipali"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia