UGM 4 Kali Jadi Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Apa Rahasianya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 30 Okt 2021 18:00 WIB
Pimnas UGM
Foto: UGM
Jakarta -

Prestasi kembali diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Kali ini UGM berhasil mempertahankan gelar Juara Umum di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 yang berlangsung di Universitas Sumatera Utara pada 25-29 Oktober 2021.

Ini berarti UGM telah mempertahankan gelar juara umum di Pimnas selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2018.

Di Pimnas tahun ini, UGM berhasil membawa sebanyak 54 medali. Untuk juara kedua dan ketiga sendiri diraih oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Wakil Rektor UGM bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno, mengucapkan rasa syukurnya atas peraihan prestasi yang diraih kontingen Pimnas UGM di Pimnas ke 34 ini.

"PIMNAS menjadi ajang paling bergengsi dalam lomba-lomba ilmiah mahasiswa di tingkat nasional. Sejak tahun 2018 UGM berhasil menjadi Juara Umum PIMNAS dan ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan serta luar biasa karena baru pertama kalinya 4 kali Juara Umum," ujar Djagal yang dikutip dari laman UGM, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Djagal, hasil kerja sama antar kontingen Pimnas UGM patut untuk diapresiasi. Karena kerja sama tersebut merupakan kolaborasi antara mahasiswa, dosen pendamping, dosen pembina, dan dukungan dari departemen, fakultas, pengelola laboratorium, universitas dan banyak pihak lainnya yang telah mendukung kontingen UGM di PIMNAS 2021.

Ke depannya Djagal berharap, UGM tetap mempertahankan gelar juara di ajang Pimnas mendatang. Untuk itu, UGM berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam mengekspresikan potensi ilmiah yang dimiliki dengan melakukan pembinaan secara berkelanjutan.

Selain itu UGM juga menyediakan infrastruktur untuk mendukung kegiatan dan menganggarkan dana. Dengan semua fasilitas yang diharapkan mahasiswa dapat melakukan kajian ilmiah yang terarah sehingga mendukung kompetensi akademik dan berkontribusi untuk pemecahan solusi masyarakat.

"Mempertahankan gelar juara itu lebih sulit, namun mudah-mudahan tahun depan bisa kembali juara umum menjadi lima kali berturut," ujar Djagal.

Adapun, Kasubdit Kreativitas UGM, Suherman menjelaskan jika dalam gelaran Pimnas 2021 ini, UGM lolos dengan 124 tim hingga final dan mempresentasikan gagasannya secara online.

UGM memperoleh 14 medali emas, 21 medali perak, dan 19 medali perunggu. Selain itu ada 2 tim yang masuk ke dalam kategori presentasi.

"Salut untuk perjuangan tim PKM UGM yang sangat luar biasa sehingga bisa empat kali juara umum berturut turut. Terima kasih atas dukungan dosen pembina, dosen pendamping, PKM Center serta pimpinan fakultas dan pimpinan universitas atas dukungannya," ujar Suherman.



Simak Video "UGM Cari Rektor"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia