Calon Mahasiswa, Ini 5 Skill yang Kamu Dapat Setelah Kuliah S2

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 10:00 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
Foto: iStock/Calon Mahasiswa, Ini 5 Skill yang Kamu Dapat Setelah Kuliah S2
Jakarta -

Setelah menamatkan kuliah S1, beberapa orang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau magister. Berkuliah S2 sebaiknya melalui pertimbangan yang matang agar dapat merasakan manfaatnya.

Berkuliah S2 memberikan banyak manfaat seperti spesifikasi karier bagi yang membutuhkan lisensi khusus seperti dokter medis.

Gelar S2 juga dapat membantu seseorang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang berisiko tinggi atau menuntut kepercayaan publik yang tinggi. Contohnya adalah program kuliah menjadi akuntan publik bersertifikat, arsitek, insiyur, konsultan pajak, dan sebagainya.

Selain itu berkuliah S2 juga akan menambah skill baru. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman Binus:

1. Spesifikasi Keilmuan

S2 cocok untuk detikers yang ingin memperdalam suatu bidang ilmu. Hal tersebut berbeda dengan lulusan S1 yang memiliki latar belakang ilmu yang lebih general.

Dengan ilmu yang lebih spesifik akan dapat memecahkan masalah dengan lebih baik, selain itu juga memiliki keahlian spesialis.

2. Memiliki Kemampuan Analisis dan Observasi

Gelar Magister akan menumbuhkan kemampuan analisis dan observasi yang lebih baik. Kalian akan belajar mengamati suatu problem spesifik melalui beberapa sudut pandang hingga pemecahan solusi.

Solusi yang ditemukan juga akan spesifik dan lebih mendalam dibandingkan pengetahuan di S1. Dengan kemampuan analitis dan observasi akan meningkatkan nilai tambah dan memberikan keuntungan di bidang karier.

Kemampuan ini bagi kalian yang ingin menjadi peneliti, analis, maupun konsultan setelah lulus.

3. Kemampuan Manajemen dan Supervisi

Manajemen dan supervisi adalah kemampuan pemahaman yang mendalam terhadap suatu permasalahan atau standar pekerjaan.

Lulusan S2 sendiri banyak yang menempati posisi manajer, supervisor, pengawas mutu.

4. Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim

Saat kuliah S2, para mahasiswa juga mendapatkan banyak tugas kelompok maupun individu. Dengan tugas kelompok akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kerja sama yang baik. Hal ini diraih melalui proses membagi tugas dan bersinergi dengan orang lain dalam tim yang sama.

5. Kemampuan Mengajar dan Melatih

Selain menjadi seorang spesialis, S2 juga diperuntukkan bagi kalian yang ingin menjadi dosen. Dalam S2, kalian tidak hanya belajar suatu bidang keilmuan secara spesifik tetapi juga menerapkannnya dalam proses mengajar dan melatih.

Para mahasiswa S2 dituntut untuk berlatih cara berkomunikasi, menjelaskan konsep dengan cara yang mudah dimengerti, dan melakukan transfer pengetahuan secara efektif.

Itulah 5 skill yang kalian akan dapatkan saat berkuliah S2. Jadi apa detikers tertarik berkuliah S2?



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia