Fosil Hewan Purba Ditemukan di Waduk Saguling, ITB: Dari Kelompok Sapi

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 20 Okt 2021 14:00 WIB
Kampus ITB
Foto: Istimewa/Fosil Hewan Purba Ditemukan di Waduk Saguling, ITB: Dari Kelompok Sapi.
Jakarta - Tim Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mengidentifikasi fosil yang ditemukan di Pulau Sirtwo. Pulau ini terletak di tengah Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dikutip dari laman ITB, fosil ditemukan warga saat sedang mengembangkan objek wisata Pulau Sirtwo. Tim melakukan pengamatan di 17 titik sebelum menemukan, mengangkat, dan menyimpannya di pihak berwenang.

"Berdasarkan temuan tersebut, tim berhasil mengidentifikasi fosil-fosil yang telah dikumpulkan," ujar Mika Rizki Puspaningrum, S.Si., M.T, Ph.D. dari KK Paleontologi dan Geologi Kuarter, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB).

Menurut tim ITB, tulang yang ditemukan pada batuan di sepanjang pulau merupakan fosil bukan hewan yang sifatnya modern hari ini. Fosil yang ditemukan berasal dari kelompok Bovidae (sapi, kerbau, dan banteng), Cervidae (kelompok rusa) dan Elphas maximus (gajah).

Mika kemudian menjelaskan kronologis penemuan fosil yang berawal sekitar tahun 2020. Saat itu warga membangun lokasi wisata, yang sebelumnya dimanfaatkan untuk penambangan pasir. Tim ITB sempat beberapa kali melakukan wisata terbatas misal susur perahu, foto di pinggir danau, dan ke menara Sirtwo.

"Sambil mengeksplorasi pulau, Pak Rizky (penggiat Pemandu Geowisata Indonesia) mendapatkan laporan dari warga bernama Pak Jahidin mengenai batuan yang seperti tulang. Kemudian beliau mengecek ke lapangan, lalu mengambil beberapa foto," kata Mika.

Foto tersebut disampaikan kepada salah satu anggota tim, yang berinisiatif mengecek lokasi. Pengecekan sekaligus untuk melakukan verifikasi temuan warga. Selanjutnya dilakukan survei pada 10 dan 15 Oktober 2021 lintas ilmu di ITB.

Tim ITB juga bekerja sama dengan Museum Geologi untuk melakukan pengangkatan (eskavasi) terhadap tulang kaki depan gajah. Tulang hewan purbakala tersebut mengalami kerusakan cukup parah, sehingga harus digips dan diangkat untuk penelitian lebih lanjut.

Kajian terhadap fosil temuan tim ITB nantinya tidak hanya bersifat palaentologi. Namun juga geologi secara umum misal stratigrafi, umur, dan lingkungan purba. ITB tentunya akan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Simak Video "Fosil Hewan Purba Ratusan Ribu Tahun Ditemukan di Blora"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia