7 Fakultas ITB yang Sepi Peminat di SBMPTN, Mana yang Kamu Incar?

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 16 Okt 2021 15:22 WIB
kampus
Kampus ITB. Foto: (ITB)
Jakarta - Sejumlah fakultas di Institut Teknologi Bandung (ITB) rumpun saintek dan soshum punya persentase peminat lebih rendah jika dibandingkan dengan fakultas lainnya.

Nah, tingkat persaingan yang lebih rendah di prodi yang minati bisa meningkatkan peluang untuk diterima di fakultas tersebut. Apa saja fakultas ITB yang sepi peminat?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT menampilkan data sebaran peminat prodi-prodi di perguruan tinggi beserta keketatannya. Keketatan adalah persentase daya tampung berbanding jumlah peserta pendaftar. Semakin besar persentase keketatan, maka semakin rendah tingkat persaingan yang harus kamu hadapi.

Sedikit berbeda dari kampus lain, mahasiswa ITB baru akan ditempatkan di prodi sesuai pilihan pada tahun kedua. Dikutip dari laman ITB, pada tahun pertama, mahasiswa ditempatkan di fakultasnya

Dilansir dari laman LTMPT, ada sejumlah fakultas ITB rumpun saintek dan soshum yang memiliki persentase keketatan lebih besar pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) jika dibandingkan dengan fakultas lainnya.

Fakultas ITB yang Sepi Peminat

LTMPT menampilkan data sebaran peminat studi fakultas ITB di SBMPTN tahun 2016 sampai 2020 di laman sidata-ptn.ltmpt.ac.id. Siswa bisa melihat daya tampung, jumlah pendaftar, dan keketatan tiap fakultas.

Berdasarkan data keketatan di SBMPTN 2020, berikut fakultas ITB rumpun saintek dan soshum yang memiliki tingkat persaingan lebih rendah dibanding fakultas lainnya.


1.Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati / SITH - Prog. Rekayasa

Peminat: 483
Daya Tampung: 70
Keketatan: 14,49%

2. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian / FITB Kampus Cirebon

Peminat: 104
Daya Tampung: 14
Keketatan: 13,46%

3.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam / FMIPA

Peminat: 1237
Daya Tampung: 158
Keketatan: 12.77%

4. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati / SITH - Prog. Sains

Peminat: 351
Daya Tampung: 42
Keketatan: 11,97%

5. Fakultas Seni Rupa dan Desain / FSRD Kampus Cirebon

Peminat: 95
Daya tampung: 11
Keketatan: 11,58%

6. Fakultas llmu dan Teknologi Kebumian / FITB

Peminat: 921
Daya tampung: 98
Keketatan: 10,64%

7. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan / FTTM Kampus Cirebon

Peminat: 418
Daya Tampung: 42
Keketatan: 10,05%

Nah, dari data sebaran peminat studi dari LTMPT di atas, fakultas ITB yang sepi peminat juga punya jumlah pendaftar SBMPTN yang besar. Jangan lupa cek nilai UTBK angkatan sebelum kamu yang lulus di fakultas ITB sebagai gambaran kasar ya. Semangat belajar dan bersiap di seleksi-seleksi masuk ITB, detikers!

Tonton juga video icip-icip Subway yang baru buka lagi di Indonesia berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia