Mahasiswa Baru UM Surabaya 'Diajak Main' Squid Game, Kok Bisa?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 08 Okt 2021 11:30 WIB
UM Surabaya ikut Squid Game
Foto: Dok. UM Surabaya/Mahasiswa Baru UM Surabaya 'Diajak Main' Squid Game, Kok Bisa?
Jakarta - Ribuan mahasiswa baru UM Surabaya (Universitas Muhammadiyah Surabaya) 'diajak' oleh pihak kampus untuk mengikuti permainan Squid Game. Kok bisa?

Sebelumnya, perlu diketahui Squid Game sendiri merupakan serial Netflix asal Korea Selatan yang tengah menjadi perbincangan di jagat media sosial. Serial ini menampilkan berbagai permainan tradisional yang juga memiliki kemiripan dengan permainan tradisional milik Indonesia.

Tidak ketinggalan tren, ternyata UM Surabaya juga menyisipkan konsep serial yang tengah naik daun tersebut sebagai media untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru.

Caranya, para mahasiswa baru diajak untuk menyaksikan film Squid Game karya khusus dari UM Surabaya dalam pengukuhan mahasiswa baru tahun ajaran 2021-2022, Senin (4/10/2021) kemarin. Kegiatan pengukuhan ini disebut dengan MOX (Mastama, Ordik dan Expo UKM).

"Kampus yang dikenal dengan kampus sejuta inovasi ini kembali menggunakan film sebagai alat pengenalan lingkungan kampus kepada ribuan mahasiswa baru (maba). Uniknya dalam proses pengukuhan maba UM Surabaya menggunakan cara yang terinspirasi dari film Squid Game," tulis pihak UM Surabaya yang dikutip dari situs resminya, Jumat (8/10/2021).

Film tersebut diunggah ke channel YouTube resmi UM Surabaya dengan tajuk 'Squid Game versi UMSurabaya: Perjuangan Menjadi Pemenang' pada Selasa, (5/10/2021). Film yang berdurasi 9 menit 2 detik itu dikemas sedemikian rupa yang menceritakan tentang perjuangan mahasiswa baru menuju persaingan pengukuhan.

Pada permulaan film, terlihat para mahasiswa baru menerima undangan aneh untuk ikut serta dalam permainan anak-anak. Mereka yang menjadi pemain tersebut mengenakan jaket hijau, khas kostum yang dikenakan oleh pemain dari serial aslinya.

Tidak hanya pemain, para panitianya juga mengenakan kostum pink dengan 'topeng' berwarna hitam. Bahkan mereka memasang simbol-simbol khas karakter serial Squid Game di kepalanya.

"Diceritakan ratusan mahasiswa baru menerima undangan aneh untuk bertanding dalam permainan anak-anak, dan hanya ada dua mahasiswa yang gigih dan mampu menyelesaikannya," ujar Ketua Pelaksana MOX Agus Budiman.

Pihak panitia MOX mengaku selama proses pembuatan film tetap menerapkan protokol kesehatan. Bahkan para pemain harus dipastikan sudah menerima vaksin dua kali dan menjalani swab sebelum produksi.

Selain pengenalan sudut kampus melalui film Squid Game, kegiatan MOX juga diwarnai dengan aksi kolektif melalui surat digital yang akan dikirim untuk presiden Joko Widodo. Surat tersebut berisi harapan dan optimisme untuk Indonesia maju yang dikirim melalui akun media sosial milik mahasiswa baru masing-masing.

Sementara itu, Rektor UM Surabaya Sukadiono mengungkapkan bahwa acara pengenalan kampus telah berjalan lancar.

"Tak ada perpeloncoan, semua mengedepankan kreatifitas hingga belajar mandiri melalui metode sinkronus dan asinkronus, serta melalui berbagai macam agenda yang baru, kreatif serta social project," tutup Sukadiono.

Simak Video "Fantastis! 'Squid Game' Sumbang Cuan Rp 12,5 T untuk Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia