Mantap! Mahasiswa UB Bikin Aplikasi Peta Digital untuk Tunanetra

Rosmha Widiyani - detikEdu
Minggu, 12 Sep 2021 20:33 WIB
Yayasan Tunanetra Raudlatul Makmufin, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, memproduksi Alquran huruf braille untuk tunanetra. Seperti apa proses pembuatannya?
Foto: Ari Saputra/Mantap! Mahasiswa UB Bikin Aplikasi Peta Digital untuk Tunanetra.
Jakarta - Seorang mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Muhammad Erwin Amrullah membuat aplikasi peta digital UBblindmap untuk penyandang tunanetra. Aplikasi berbasis peta wilayah UB ini nantinya bisa didownload di Google Play Store.

"Aplikasi ini dirancang berdasarkan peta wilayah UB, lalu ditransformasi dengan fitur suara dan getaran agar dapat digunakan penyandang tunanetra," kata pembuat aplikasi Muhammad Erwin Amrullah yang merupakan mahasiswa Magister Ilmu Komputer UB seperti dikutip dari laman UB, Minggu 12 September 2021.

Erwin dibimbing dosen UB Dr Sc Fatwa Ramdani, S Si, M Sc dan Dr Eng Herman Tolle, ST, MT, selama pembuatan aplikasi. Fitur suara dan getaran tersedia untuk menyesuaikan cara komunikasi penyandang tunanetra yang membutuhkan indra peraba serta pendengaran.

Dikutip dari laman UB, UBblindmap dibuat melalui aplikasi Unity dan Blender. Aplikasi tersebut biasa digunakan untuk 3D modelling sebuah game. Erwin mengatakan, peta tiga dimensi ini nantinya bisa digunakan penyandang tunanetra yang low blind. Pengguna cukup mengatur lebih dulu tingkat kecerahannya.

Fitur suara dan getaran berfungsi sebagai informasi diusap pada aplikasi. Selanjutnya, penyandang tunanetra akan mengetahui informasi pada aplikasi peta yang digunakan. Termasuk lokasi tempatnya berada dan informasi terkait lainnya.

Aplikasi UBblindmap ini bisa diinstal lebih dulu pada tablet berukuran 10 inch sebelum digunakan. UBblindmap dapat menjadi fasilitas pengenalan wilayah di kawasan UB. Aplikasi ini dapat memudahkan mahasiswa dan pengunjung tunanetra saat berada di areal UB.

Erwin mengatakan, saat ini UBblindmap dalam proses pengajuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Aplikasi nantinya tidak hanya bisa diunduh pengguna android, tapi juga iOS bagi yang berada di lingkungan UB.

Peta tunanetra UBblindmap diharapkan dapat membantu penyandang tunanetra dan sebagai fasilitas wajib di institusi kampus. Hasilnya banyak kampus di Indonesia yang makin ramah terhadap penyandang tunanetra, selain itu makin banyak temuan anak bangsa yang bisa mengatasi masalah setiap hari.

Simak Video "Jokowi: Selama Pandemi Corona, Inventor Unibraw Telah Ajukan 132 Paten"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia