UGM Rilis Mata Kuliah Kecerdasan Digital, Ajarkan Juga Keamanan Siber

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 22 Agu 2021 15:00 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM).
Foto: Universitas Gadjah Mada (UGM). (Dok Humas UGM)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Center for Digital Society (CfDS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada merilis mata kuliah Kecerdasan Digital 2021.

Mata kuliah ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan digital, khususnya dalam bidang digital literacy atau literasi digital serta digital mindset atau pola pikir digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan Semuel dalam kuliah sesi pertama hari Jumat (20/08/2021) mengungkapkan urgensi kecerdasan digital. "Dalam pengembangan kecerdasan digital kita juga harus memperhatikan etika sampai sejauh mana teknologi harus dikembangkan sesuai kebutuhan," seperti yang dikutip dari laman UGM.

Semuel menerangkan bahwa mata kuliah Kecerdasan Digital juga memberikan dasar filosofi etika dalam pengembangan teknologi, utamanya kecerdasan digital.

Mata kuliah tersebut akan dihadiri 9.600 peserta dan terdiri dari dua kelas, yakni Kecerdasan Digital Dasar dan Kecerdasan Digital Lanjutan. Pada kelas Kecerdasan Digital Dasar, peserta akan belajar tentang digital mindset, design thinking, dan pengenalan dasar coding HTML, CSS, dan SQL.

Kemudian, pada kelas Kecerdasan Digital Lanjutan, ada tiga materi utama yang akan dipelajari. Pertama adalah cybersecurity for all atau keamanan siber untuk semua, dengan pengajar dari UGM dan DRC Campus Fryslân the University of Groningen, Belanda.

Kedua, materi data science for social goods atau data sains untuk kebaikan sosial. Materi perkuliahan ini didukung pengajar dari PT Aino Indonesia. Kemudian, pembelajaran artificial intelligence atau AI with cause yang didukung pengajar dari Huawei Indonesia. "Keseluruhan inovasi dan kolaborasi program diharapkan dapat membangun SDM Digital Indonesia," ujar Semuel.

Mata kuliah Kecerdasan Digital ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang baru dan meningkatkan literasi digital serta ilmu pengetahuan. Sehingga, dapat diterapkan ke berbagai bidang keilmuan dan mengatasi berbagai permasalahan di Indonesia.



Simak Video "Singgung Space War, Jokowi Ingin BPPT Jadi Pusat Kecerdasan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia