11 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2022 Versi QS, Mau Kuliah di Sana?

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 16:59 WIB
PARIS, FRANCE - JULY 16: Visitors walk down from the top of the Eiffel Tower as the iconic landmark reopened for the first time in over 8 months on July 16, 2021 in Paris, France. The iconic Paris landmark has been closed since October 30th, 2020, due to the Coronavirus Pandemic restrictions, its longest closure since WWII. (Photo by Kiran Ridley/Getty Images)
Kota Paris, Prancis masuk dalam jajaran salah satu kota pelajar terbaik di dunia versi QS (Foto: Getty Images/Kiran Ridley)
Jakarta -

Quacquarelli Symonds (QS) meluncurkan daftar kota pelajar terbaik di dunia tahun 2022 dalam QS Best Student Cities 2022.

Dalam melakukan penilaian tersebut terdapat beberapa faktor yang menjadi indikator yaitu kota memiliki populasi paling sedikit 250 ribu jiwa, lalu punya dua universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University terbaru.

Selain itu, metodologi penilaian juga mempertimbangkan faktor biaya pendidikan yang terjangkau, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, hingga survei dari mahasiswa.

Berikut adalah penjabarannya:

1. Student Mix

Kategori ini dirancang untuk melihat perkembangan siswa kota, baik secara keseluruhan maupun dari perspektif internasional. Berikut adalah kategori yang dinilai yaitu populasi siswa, international volume, international ratio, toleransi dan inklusivitas.

2. Desirability

Kategori ini bertujuan untuk mencerminkan keinginan secara keseluruhan dari masing-masing destinasi. Selain itu, para siswa juga melihat kota-kota yang menjadi peluang.

Kategori yang dinilai adalah economist liveability index, Globalization and World Cities index, keamanan, nilai polusi, nilai korupsi, dan ketertarikan pelajar.

3. Employer Activity

Kategori ini bertujuan untuk memberikan indikasi kota mana yang paling banyak dicari sebagai tempat perekrutan di kalangan pemberi kerja lulusan.

Kategori yang dinilai adalah domestic employer popularity, international employer popularity, dan youth employment bonus.

4. Affordability

Kategori ini mengacu pada berbagai sumber untuk memberikan indikasi seberapa terjangkau biaya kota tersebut, ketika biaya kuliah, dan biaya umum dipertimbangkan.

Kategori yang dinilai adalah biaya sekolah, Big Mac index, iPad index, dan biaya hidup.

5. Student View

Kategori ini berdasarkan survei yang dilakukan kepada 95.000 siswa. Survei ini memberi kesempatan bagi siswa untuk berbagi pengalaman belajar di kota tertentu.

Kategori yang dinilai adalah pengalaman siswa dan menetap setelah kelulusan.

Berikut adalah 11 peringkat kota pelajar terbaik di dunia versi QS yang dikutip dari laman Top Universities:

1. London, Inggris

Kota ini memang bertaburan sejumlah universitas berkelas dunia. Tak heran ibu kota negara Inggris tersebut menempati peringkat pertama tiga kali berturut-turut sebagai kota pelajar terbaik di dunia versi QS.

Beberapa universitas terbaik dunia yang berada di kota London yakni

Entrance to the LSE New Academic Building in Lincoln's Inn FieldsLSE salah satu kampus terbaik dunia di kota London, Inggris Foto: The London School of Economics and Political Science (dok. LSE)
  • London School of Hygiene & Tropical Medicine
  • The London School of Economics and Political Science
  • Imperial College London

2. Munich, Jerman

Menempati peringkat dua. Kota ini naik dari tahun 2019 yang menempati peringkat empat.

Beberapa universitas terbaik di kota Munich:

  • Technical University of Munich
  • Ludwig-Maximilians-Universit√§t M√ľnchen

3. Seoul, Korea Selatan

Untuk QS Best Student Cities 2022 kota di Asia ini melejit menempati posisi 3 besar. Tahun 2019 Seoul menempati peringkat 10.

Kota ini punya sejumlah universitas yang masuk dalam jajaran terbaik dunia, diantaranya:

  • Seoul National University
  • Korea University
  • Yonsei University
  • Hanyang University
Seoul National UniversitySeoul National University, salah satu universitas terbaik dunia yang berada di ibu kota Korea Selatan Foto: Seoul National University (dok. SNU)

4. Tokyo, Jepang

Ibu kota Jepang ini turun peringkat. Sebelumnya pada tahun 2019 menempati peringkat dua kota pelajar terbaik di dunia versi QS .

Sejumlah universitas terbaik yang berada di kota ini yakni:

  • The University of Tokyo
  • Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)
  • Keio University
  • Waseda University

Selanjutnya Berlin, Jerman

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia