Unpar Buka Beasiswa Lewat KIP Kuliah, Buruan Daftar!

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 11:41 WIB
Unpar
Foto: Dok. Unpar
Jakarta -

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka pendaftaran beasiswa KIP Kuliah Unpar untuk angkatan 2021. Unpar termasuk kampus swasta yang diberikan beasiswa KIP Kuliah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek).

Tidak semua universitas swasta bekerja sama dengan Kemendikbudristek dalam program KIP Kuliah. Bagi detikers yang ingin melihat universitas swasta mana saja yang bekerja sama dengan KIP Kuliah dapat dilihat melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

KIP Kuliah sendiri adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintahan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Beasiswa KIP Kuliah sendiri berbeda pada beasiswa umumnya yang berfokus pada pemberian dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. KIP Kuliah juga diberikan melalui seleksi yang ketat dan mereka yang memiliki potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Selain itu, peserta KIP Kuliah juga harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Program Studi (Prodi) dengan minimal akreditasi A dan B (juga dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi Akreditasi C).

KIP Kuliah akan disalurkan ke 200.000 mahasiswa baru pada PTN dan PTS di bawah naungan Kemendikbudristek. Setelah itu Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek nantinya akan membayarkan biaya kuliah sebesar Rp 2,4 juta/semester langsung ke Perguruan Tinggi.

Selain itu, mahasiswa penerima KIP Kuliah akan mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar 700.000/bulan yang dibayarkan tiap semester.

Sesuai dengan masa studi normal (S1 maksimal 8 semester, total selama studi maksimal Rp 33,6 juta; D3 maksimal 6 semester, total selama studi maksimal Rp 25,2 juta; D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp 16,8 juta; D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp 8,4 juta).

Berikut adalah beasiswa KIP Kuliah Unpar yang dikutip dari laman resmi Unpar:

Tahapan Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah:

1. Mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus seleksi pada jalur PMB UNPAR 2021.

2. Mendaftarkan diri pada https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

3. Mengisi form pendataan KIP Kuliah UNPAR bit.ly/kipunpar2021.

"Pengisian pendataan hanya ada satu kali kesempatan dan akan dibuka sampai dengan 30 September 2021," tutur Kepala Bagian Kesejahteraan BKA UNPAR Ayu Pritandiya Pertiwi yang dikutip di laman Unpar.

Ayu juga memaparkan jika pengisian beasiswa KIP Kuliah Unpar bersifat rahasia dan akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan internal untuk pengambilan keputusan maupun tindak lanjut terkait rangkaian seleksi calon penerima KIP Kuliah untuk Tahun Akademik 2021/2022.

"Apabila dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa KIP Kuliah Unpar dapat menghubungi hotline BKA pada hari dan jam kerja, dengan nomor 0811-2110-100," ujar Ayu.



Simak Video "Klarifikasi Kemdikbud soal Laptop: Harganya Bukan Rp 10 Juta per Unit!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia