20 Universitas Terbaik di Jatim Versi Webometrics, Ada Almamater Ari Lasso

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 29 Jul 2021 20:01 WIB
Ari Lasso
Foto: Ari Lasso (dok.pri)
Jakarta - Webometrics mengeluarkan peringkat universitas terbaik dengan penilaian berdasarkan konten website kampus. Dikutip dari situs resminya, saat ini sudah ada 31.000 perguruan tinggi dari lebih dari 200 negara yang termasuk dalam pemeringkatan tersebut.

Webometrics Ranking of World Universities merupakan penelitian yang diinisasi oleh Cybermetrics Lab dari Spanyol. Untuk melakukan pemeringkatan, Cybermetrics Lab menggunakan indikator webometrik (semua misi) dan bibliometrik (misi penelitian).

Dari pemeringkatan Webometrics ini, detikEdu telah merangkum 20 universitas terbaik di Jawa Timur. Salah satu yang termasuk di dalamnya adalah Universitas Airlangga (Unair).

Kampus tersebut merupakan almamater dari Ari Lasso serta Fadly dari grup band Padi. Keduanya dulu adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair.

Selengkapnya, simak kampus mana saja yang masuk jajaran perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur pada versi terbaru Webometrics kali ini.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

2. Universitas Brawijaya

3. Universitas Airlangga

4. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

5. Universitas Negeri Malang

6. Universitas Narotama (UNNAR Surabaya)

7. Universitas Jember

8. Universitas Negeri Surabaya

9. Petra Christian University

10. Universitas Muhammadiyah Malang

11. Universitas Surabaya

12. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung

13. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya

14. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya

15. Poltekkes Kemenkes Malang

16. Politeknik Negeri Jember

17. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

18. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

19. Universitas Dr. Soetomo Surabaya

20. Politeknik Negeri Malang

Webometrics mengubah indikator, metodologi serta bobotnya masing-masing dalam penilaian terbarunya. Di antaranya sebagai berikut:

1. Visibility yang berarti impak dari konten web. Jumlah network eksternal yang terhubung dengan situs web universitas. Datanya diambil dari Ahrefs dan Majestic dengan bobot 50%.

2. Transparency atau Opennes. Jumlah kutipan dari 210 penulis teratas. Datanya bersumber dari Google Scholar Profiles dengan bobot 10%.

3. Excellence atau Scholar. Kriteria ini merupakan jumlah 10 persen makalah teratas yang paling banyak dikutip dari masing-masing 27 disiplin ilmu, dilihat dari seluruh database untuk periode 2015-2019. Sumbernya dari Scimago. Bobotnya 40%.

Bagi yang hendak melanjutkan kuliah tahun depan, peringkat Webometrics di atas juga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi terbaik. Kira-kira yang mana tujuan detikers?

Simak Video "Jokowi Kritik Kampus yang Masih Ajarkan Ilmu 20 Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia