10 Perguruan Tinggi dengan Lulusan Terbanyak di Indonesia

Kristina - detikEdu
Sabtu, 24 Jul 2021 14:10 WIB
A happy graduate is hugging her friend after their graduation ceremony. She is smiling while looking at the camera.
Foto: iStock/10 Perguruan Tinggi dengan Lulusan Terbanyak di Indonesia.
Jakarta - Salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi adalah lulusan yang dihasilkan. Di Indonesia, ada 10 universitas yang menghasilkan jumlah lulusan terbanyak.

Berikut 10 universitas dengan lulusan terbanyak di Indonesia:

1. Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) menjadi perguruan tinggi dengan lulusan terbanyak di Indonesia. UT adalah PTN ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 silam. Dilansir dari situs UT, perguruan tinggi ini memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana.

Jumlah lulusan: 57.310

2. Universitas Gadjah Mada

Perguruan tinggi dengan lulusan terbanyak kedua adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). UGM adalah perguruan tinggi yang berlokasikan di Yogyakarta. Pada tahun 2020, UGM tercatat memiliki 18 Fakultas dan 69 program studi.

Antara lain Fakultas Biologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Geografi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Fakultas Kehutanan, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Filsafat, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas ISIPOL, dan Fakultas Psikologi

Lulusan: 18.505

3. Universitas Indonesia

Lulusan terbanyak ketiga ditempati oleh Universitas Indonesia (UI). Universitas yang berada di ibukota negara ini memiliki 13 fakultas yang terdiri dari rumpun Ilmu Kesehatan, rumpun Ilmu Sains dan Teknologi, dan rumpun Sosial dan Humaniora.

Antara lain Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ilmu Administrasi.

Jumlah lulusan: 17.472

4. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) menjadi perguruan tinggi dengan lulusan terbanyak ke-4 di Indonesia. Universitas yang berkedudukan di Kota Malang, Jawa Timur ini didirikan pada 5 Januari 1962. Seperti dilansir dari laman UB, sebelum menjadi PTN, UB sempat berstatus swasta dengan embrio sejak tahun 1957.

Saat ini UB telah memiliki 16 fakultas dengan 176 program studi. Di antaranya Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Peternakan (FAPET), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Jumlah lulusan: 15.988

5. Universitas Pendidikan Indonesia

Perguruan tinggi dengan lulusan terbanyak ke-5 adalah Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI. Universitas kependidikan yang berada di Bandung ini berdiri sejak 20 Oktober 1954. Hingga kini, UPI telah memiliki 8 fakultas.

Antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), Fakultas Pendidikan Sekolah Dasar (FPSD), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), dan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB).

Jumlah lulusan: 13.860

6. Universitas Bina Sarana Informatika

Lulusan terbanyak ke-6 diduduki oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Dilansir dari laman UBSI, sebelum menjadi universitas, UBSI adalah sebuah akademi. Sudah 30 tahun BSI eksis di dunia pendidikan tinggi. BSI memiliki enam akademi dengan total 25 kampus dan kurang lebih 20 ribu mahasiswa.

Saat ini UBSI memiliki 3 fakultas dengan 21 program studi. Antara lain Fakultas Tenik dan Teknologi Informasi, Fakultas Komunikasi dan Bahasa serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Jumlah lulusan: 12.774

7. Universitas Padjadjaran

Perguruan tinggi dengan lulusan sebanyak selanjutnya adalah Universitas Padjadjaran (Unpad). PTN yang berlokasikan di Bandung ini telah berdiri sejak 11 September 1957. Unpad memiliki 16 fakultas dan sekolah pascasarjana.

Antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Industri dan Pertanian, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Teknik Geologi.

Jumlah lulusan: 10.317

8. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) menempati posisi ke-8 dengan lulusan terbanyak tahun 2020. Dilansir dari situs UNP, adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas pada tahun 1999. Semula universitas ini bernama perguruan tinggi pendidikan guru (PTPG) yang berdiri tanggal 23 Oktober 1954.

Universitas yang berlokasikan di Kota Padang ini memiliki 8 fakultas dan 1 pascasarjana. Antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Matematika dan IPA.

Jumlah lulusan: 10.251

9. Universitas Negeri Jakarta

Tidak hanya UPI, kampus kependidikan ini juga menjadi perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbanyak, tepatnya pada posisi 9. Adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ), sebuah perguruan tinggi yang berlokasikan di Jakarta.

Dilansir dari laman UNJ, sebelum berubah menjadi universitas, UNJ adalah perguruan tinggi pendidikan guru (PTPG) yang bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Perguruan tinggi ini didirikan pada 16 Mei 1964.

UNJ terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pendidikan Psikologi, dan pascasarjana.

Jumlah lulusan: 9.535

10. Universitas Diponegoro

Perguruan tinggi yang menduduki peringkat 10 dengan lulusan terbanyak adalah Universitas Diponegoro (Undip). Undip adalah universitas yang berada di Semarang. Universitas ini memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah.

Antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Psikologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sains dan Matematika, Sekolah Vokasi, dan Sekolah Pascasarjana.

Jumlah lulusan: 9.443

Berdasarkan statistik pendidikan tinggi Kemendikbudristek, pada tahun 2020, ada 4.593 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Angka tersebut ternyata mengalami penurunan sebesar 0,01% dari tahun sebelumnya akibat pemutakhiran data dan peningkatan kualitas perguruan tinggi.

Dari jumlah keseluruhan perguruan tinggi tersebut, PTS atau perguruan tinggi swasta menjadi institusi yang mendominasi dengan jumlah 3.044. Adapun, sebaran jumlah perguruan tinggi lainnya meliputi 122 perguruan tinggi negeri (PTN), 187 perguruan tinggi kementrian atau lembaga lain (PTK/ L), dan 1.240 perguruan tinggi agama (PTA).

Itulah 10 universitas dengan lulusan terbanyak, kamu pilih yang mana?

Simak Video "SNMPTN 2021 Dibuka, Begini Tahapan Pendaftarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia