6 Universitas di Indonesia yang Lulusannya Mudah Dapat Kerja, Bisa Tebak?

Kristina - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 15:00 WIB
Pertikaian Berlanjut, China Tuding Australia Tak Aman Untuk Kuliah
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Salah satu indikator keberhasilan perguruan tinggi adalah menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Di Indonesia, 6 lulusan perguruan tinggi ini dinilai mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Bisa tebak mana saja?

Baru-baru ini, salah satu situs pemeringkatan universitas terpercaya dunia, QS World University Rankings (WUR) merilis daftar perguruan tinggi yang alumninya mudah mendapatkan pekerjaan di tahun 2020.

QS WUR menggunakan 5 indikator dalam penilaian ini. Antara lain reputasi pemberi kerja, hasil alumni, kemitraan dengan pemberi kerja per fakultas, jaringan mahasiswa dengan pemberi kerja, dan tingkat pekerjaan lulusan.

WUR hanya menampilkan rentang skor keseluruhan dari masing-masing universitas dan skor pada beberapa indikator saja. Berikut daftar perguruan tinggi dengan lulusan yang mudah mendapatkan pekerjaan:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menempati peringkat pertama dengan lulusan yang mudah mendapatkan pekerjaan. Perguruan tinggi yang berlokasi di Bandung ini mendapat nilai cukup tinggi dibandingkan perguruan tinggi lain.

ITB memiliki 7 fakultas. Antara lain Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), dan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL).

Selain itu, ITB juga memiliki 5 sekolah. Di antaranya Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Sekolah Farmasi (SF), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI).


Peringkat universitas: 301-500
Skor keseluruhan: 15.8-27.5

- Employer Reputation: 41.3
- Alumni outcomes: 38

2. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Selanjutnya adalah BINUS. Universitas swasta yang berlokasikan di Jakarta ini dinilai dapat menghasilkan lulusan yang mudah mendapatkan pekerjaan. Dilansir dari laman BINUS, sebelum berubah menjadi universitas pada tahun 1996, BINUS merupakan sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang berdiri pada 1974 silam.

BINUS memiliki beberapa fakultas diantaranya Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Sekolah Desain, Sekolah Ilmu Komputer, Sekolah Bisnis dan Manajemen, dan Sekolah Sistem Informasi.

Peringkat universitas: 301-500
Skor keseluruhan: 15.8-27.5

- Graduate employment rate: 97.2

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Daftar universitas dengan lulusan yang cepat mendaftarkan pekerjaan selanjutnya adalah Undip. Universitas yang berdiri di Kota Semarang ini memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah.

Antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Psikologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sains dan Matematika, Sekolah Vokasi, dan Sekolah Pascasarjana.

Peringkat universitas: 301-500
Skor keseluruhan: 15.8-27.5

- Employer student connections: 77.8



Simak Video "Kejar Target PTM, FKKMK UGM Gelar Vaksinasi Drive Thru untuk Pelajar"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia