Yummy! Kata Pakar UGM Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 12:30 WIB
10 Resep Nasi Goreng Enak Buat Sarapan di Rumah
Foto: iStock
Jakarta -

Kamu juga penyuka nasi goreng? Nasi goreng adalah salah satu kuliner Indonesia yang sudah terkenal seantero dunia.

Santapan ini sangat mudah ditemui dan mudah diolah dengan berbagai macam bahan maupun modifikasi bumbu. Tetapi, tahukah kamu bahwa ada ratusan jenis nasi goreng yang tersebar di Indonesia?

Fakta di atas disebutkan oleh pakar Kuliner Nusantara Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwi Larasatie Nur Fibri dalam acara bedah buku Nasi Goreng Indonesia, Cita Rasa Mendunia.

"Setidaknya ada 104 jenis nasi goreng tersebar di Indonesia yang terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal-usulnya dan 59 lainnya merupakan jenis nasi goreng pengembangan yang tidak bisa ditelusuri daerah asalnya," jelas Dwi seperti dikutip dari laman resmi UGM pada Senin (19/07/2021).

Dwi mengatakan bahwa nasi goreng adalah salah satu kuliner unggulan dari Indonesia, di samping soto, rendang, gado-gado, dan yang lain. Makanan ini diterima secara global karena cita rasanya dapat dinikmati berbagai kalangan.

Dikarenakan keanekaragaman jenisnya tersebut, nasi goreng mendorong orang untuk mencoba berbagai jenisnya. Dwi berujar, "Sesuatu yang banyak ragamnya akan unik karena membuat orang semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba ragam lainnya."

Ia juga menyebutkan bahwa nasi goreng merupakan salah satu solusi menghindari food waste. "Masyarakat yang punya masalah dengan stok nasi yang sering tidak habis dan menjadi sesuatu yang tersisa, maka nasi goreng ini jadi jawaban mengolah nasi agar tidak terjadi food waste," ucap dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian ini.

Wakil Direktur Bidang Pelatihan, Pendidikan, dan Penelitian Indonesian Gastronomy Community, Endang Suraningsih turut merekomendasikan buku tersebut pada para pecinta nasi goreng.

Ia menyarankan pentingnya roadmap kuliner, khususnya untuk nasi goreng. Sehingga, ada konsep yang jelas untuk menjawab tantangan menjadikan nasi goreng memiliki cita rasa mendunia dan dicintai secara global.

"Nasi goreng ini makanan yang adaptif dan bisa menyesuaikan dimana berada sehingga dapat dikembangkan dengan mudah. Namun begitu, pengembangannya tetap harus menjunjung tinggi jati dirinya sebagai makanan khas Indonesia," sebut Endang.



Simak Video "Nasi Goreng Tiwul, Menu Khas Waduk Bendo Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia