Mengenal STMKG, Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan BKMG

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 05 Jul 2021 19:50 WIB
Taruna STMKG (dok. STMKG)
Taruna STMKG, sekolah kedinasan di bawah BMKG (dok. STMKG)
Jakarta -

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) punya sejarah panjang. Sekolah kedinasan ini berdiri sejak 1955 di Bandung. Kini STMKG berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sejarah STMKG bermula dari didirikannya akademi tersebut di Bandung pada tahun 1955. Saat itu, namanya adalah AMG dan kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di tahun 1960, AMG dipindah ke Jakarta dan kampusnya berlokasi di kantor Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG). Pada tahun tersebut hingga 1978, AMG berada di bawah naungan Pusat Meteorologi dan Geofisika.

Di tahun yang sama, AMG kemudian berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dan statusnya berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan.

BPLMG kemudian kembali menjadi AMG pada tahun 2000 dan kampusnya pindah lagi ke Pondok Betung, Bintaro. Hingga 2004, AMG masih dinaungi oleh Badan Diklat Departemen Perhubungan. Baru pada 2005, sekolah kedinasan ini dipayungi oleh BMKG yang kala itu masih bernama BMG.

Baru pada tahun 2014 AMG berubah menjadi STMKG menurut Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2014 tanggal 23 April 2014. Saat itu, BMG juga sudah menjadi BMKG pada 2008.

STMKG memiliki 4 program studi (prodi), yaitu meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi. Tiap prodi tersebut memiliki jenjang D4.

Perguruan ini juga mempunyai berbagai organisasi mulai dari kerohanian, kesenian, keilmuan, hingga marching band untuk mewadahi para taruna yang ada di sana.

STMKG sendiri sudah melaksanakan penerimaan taruna baru di tahun ini. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di instansi tersebut baru saja dilaksanakan pada 1 Juli 2021.

Itu dia profil singkat sekolah kedinasan yang dipayungi BMKG ini. Tertarik mendaftar tahun depan, detikers?



Simak Video "BMKG: Jawa Barat-Jawa Tengah-Yogyakarta-Kalimantan Status Siaga "
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia