Asyik, Mahasiswa Bisa Belajar Menyelam di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 23 Jun 2021 13:45 WIB
Asyik, Mahasiswa Bisa Belajar Menyelam di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip
Foto: Dok Undip/Asyik, Mahasiswa Bisa Belajar Menyelam di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip
Jakarta -

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip) memiliki program menyelam bagi mahasiswanya. Program tersebut bernama training dan sertifikasi selam keahlian dan dilaksanakan di Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Dikutip dari laman resmi Undip, program menyelam tersebut bekerja sama dengan Universitas Kwansei Gakuin, Jepang. Program tersebut telah berjalan sejak tahun 2016 hingga 2019 dan diminati oleh banyak mahasiswa.

Asyik, Mahasiswa Bisa Belajar Menyelam di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UndipAsyik, Mahasiswa Bisa Belajar Menyelam di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Foto: Dok Undip

Program ini termasuk ke dalam kuliah musim panas atau summer course. Mahasiswa yang mengikuti ini akan mendapatkan setara dengan 1-2 satuan kredit semester (SKS).

Namun sayang, menurut Dosen Prodi Ilmu Kelautan Undip Munasik, program menyelam tersebut harus berhenti sementara. Hal itu karena adanya pandemi COVID-19.

"Program training yang disebut Introduction to Scientific Diving ini sudah berjalan 4 tahun sejak 2016, 2017,2018, 2019 dan berhenti karena pandemi virus corona," kata Munasik dikutip detikEdu, Rabu (23/6/2021).

Lebih lanjut, Munasik menjelaskan program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa menyelam SCUBA dan tersertifikasi sebagai open water diver dari Association of Diving School International ADS-I. Mereka juga akan diberikan materi terkait ekosistem kelautan tropis.

"Di samping memberikan Training Scuba Diving, kita juga mendidik mereka untuk peduli terhadap ekosistem laut, mengunjungi ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil dan terlibat dalam perbaikan terumbu karang," sambung dia.

Program menyelam ini dilaksanakan di 6 departemen FPIK Undip, yakni Departemen Akuakultur, Departemen Sumber Daya Akuatik, Departemen Perikanan Tangkap, Departemen Kelautan, Departemen Oseanografi dan Departemen Teknologi Hasil Perikanan.

Peluang Kerja di Fakultas Perikanan dan Kelautan:

Dekan FPIK Undip Tri Winarni Agustini mengatakan bahwa lulusan FPIK memiliki banyak peluang bekerja di berbagai bidang. Pasalnya, mereka tak hanya mendalami ilmu perairan tetapi juga materi terkait manajemen dan bisnis.

"Ini menunjukkan bahwa lulusan FPIK Undip memiliki peluang untuk bekerja di berbagai bidang. Sehingga lulusan FPIK Undip tidak sebatas menyelami perairan, namun mampu berselancar ke berbagai dunia kerja dan memiliki banyak peluang di antaranya menjadi peneliti, pendidik, pengembang akuakultur, konsultan, ahli konservasi, instruktur akuakultur, manajer, pengusaha hingga anggota parlemen" papar Tri.



Simak Video "Bermain Pinggir Pantai yang Penuh Keceriaan, Karimunjawa"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia