Program Merdeka Belajar Vokasi, Lulusan D4 Bisa Langsung Fokus Pada Karir

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 18 Jun 2021 15:09 WIB
Beasiswa
Foto: Getty Images/tommy
Jakarta - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Vokasi akan dibagi menjadi dua program utama. Mengutip dari Kemendikbud, keduanya adalah Dana Kompetitif Kampus Merdeka Vokasi dan Dana Pendanaan Kampus Vokasi.

Secara khusus, program Dana Kompetitif sendiri mempunyai dua tujuan, yaitu jalur cepat SMK-Diploma 2 dan peningkatan prodi D3 menjadi sarjana terapan (D4). Pada tujuan pertama, diharapkan para pelajar dapat menempuh jenjang SMK menuju D2 dalam waktu yang lebih singkat, yakni 4,5 tahun.

Setelah lulus, siswa SMK kemudian dapat memilih untuk melanjutkan ke jenjang D2 jalur cepat ataupun langsung bekerja. Sementara itu, dalam Instagram resminya, Dikti Vokasi juga menyatakan bahwa kini pilihan prodi D4 terbatas.

Keterbatasan tersebut menyebabkan peminatan masyarakat terhadap pendidikan tinggi vokasi menjadi rendah. Merespon hal ini, program Merdeka Belajar Vokasi akan memperbanyak jumlah prodi sarjana terapan.

Peningkatan jumlah prodi D4 dicita-citakan dapat mengatasi permasalahan masa studi D3. Permasalahan yang dimaksud adalah banyaknya lulusan D3 yang masih melanjutkan ke jenjang S1 untuk prospek karir lebih baik.

Hal itu menyebabkan masa studi memakan waktu hingga 5-7 tahun. Di samping solusi tersebut, Kemendikbudristek sekaligus akan menyediakan tambahan waktu pada para lulusan D3 untuk mengasah kembali softskill.

Pada jenjang D4 sendiri, kurikulum bakal diubah menjadi lebih kolaboratif dengan dunia kerja. Jumlah mitra dunia kerja dan kualitas kemitraan juga akan ditingkatkan.

Prodi D3 yang akan ditingkatkan menjadi D4 ini memiliki syarat, yaitu harus terakdreditasi minimal B. Dan perlu dicatat, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk pendidikan vokasi ini merupakan pilihan, jadi tidak diwajibkan.



Simak Video "Penjelasan Kemdikbud soal Spesifikasi Laptop yang Disoroti Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia