Minat Lolos UM UGM 2021? Berikut Saran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 13 Jun 2021 19:06 WIB
Ribuan Mahasiswa UGM Minta Penurunan Uang Kuliah Selama Pandemi COVID-19
Foto: ABC Australia/Minat Lolos UM UGM 2021? Berikut Saran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Jakarta - Pendaftaran CBT UM UGM 2021 telah ditutup dan hanya meloloskan beberapa peserta. Dengan kapasitas terbatas, peserta akan mengalami kompetisi ketat demi masuk program studi pilihan.

Menyikapi kompetisi dalam CBT UM UGM 2021, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan tips lolos bagi peserta. Tips disampaikan Ganjar di situs UGM dalam Bincang Alumni UGM Update.

"Kata kakak saya pokoknya kalau hari Senin sampai Sabtu jangan lepas dari buku. Hari Sabtu sore sampai Minggu, jangan pernah pegang buku," kata Ganjar menirukan omongan sang kakak.

Ganjar juga menceritakan saat dirinya memilih jurusan dan program studi sebelum belajar di UGM. Sang kakak kembali mempengaruhi dirinya kuliah memilih tiga jurusan sebelum diterima di fakultas hukum UGM.

"Untuk jurusan, saya tertarik masuk di hukum, ilmu komunikasi, dan arkeologi. Namun, karena kakak dari hukum, saya dipengaruhi untuk memilihnya juga. Akhirnya, pilihan pertama saya hukum, dan kedua, komunikasi," ujar Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar mengingatkan pentingnya punya passion dalam berbagai hal yang digeluti. Passion memungkinkan tiap orang sukses, meski bidang yang digeluti beda dengan bidang kuliah.

"Katanya orang sukses itu dari passion. Perguruan tinggi dan ilmu pengetahuan hanya mengantarkan kita menemukan talenta kita. Banyak alumni-alumni kita yang bekerja sesuai passion, tetapi jauh dari jurusannya," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan sejak kuliah memang punya passion di bidang politik. Dia kemudian bekerja dan bertemu Alm Prof Cornelis Lay, sebelum ditawari bergabung menjadi anggota partai politik.

Ganjar berpesan kepada para peserta seleksi masuk UGM, jangan hanya memanfaatkan kuliah di ruangan. Jaringan, lingkungan, organisasi jangan sampai tidak berkembang atau dipelajari selama kuliah.

Kuliah di dalam dan luar ruangan akan bermanfaat untuk masa depan mahasiswa. Lolos CBT UM UGM 2021 menjadi gerbang masuk dunia yang lebih luas.

Simak Video "BEM UGM Bagikan Sembako, Sindir Pemerintah Tangani Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia