STPMD 'APMD' Yogyakarta Hadirkan Prodi Magister Ilmu Pemerintahan

Content Promotion - detikEdu
Minggu, 13 Jun 2021 13:00 WIB
Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) STPMD APMD Yogyakarta
Foto: dok. STPMD 'APMD' Yogyakarta
Jakarta - Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) STPMD 'APMD' Yogyakarta telah berdiri sejak tahun 2008 dengan legalitas penyelenggaraan pendidikan yang telah diakui oleh pemerintah dengan status Akreditasi B berdasarkan SK Nomor 4640/SK/BAN-PT/Akred/M/XXII/2017. Hingga saat ini, Prodi Magister Ilmu Pemerintahan telah menghasilkan para lulusan yang tersebar di banyak daerah di Indonesia, yang banyak bekerja di sektor publik, NGO, dan swasta.

Selaras dengan platform keilmuan yang dikembangkan di STPMD 'APMD' Yogyakarta, Prodi Magister Ilmu Pemerintahan mengusung dan mengajarkan lima konsep dasar keilmuan yakni, pemerintah (government), perbuatan pemerintah (governing), kapasitas pemerintah (governability), tata kelola pemerintahan (governance), dan kepemerintahan (governmentality). Konsep-konsep dasar tersebut mewarnai dalam kurikulum Prodi Magister Ilmu Pemerintahan yang dikemas dalam dua konsentrasi, yakni Pemerintahan Daerah dan Kepemerintahan Desa.

Penyelenggaraan pembelajaran diampu oleh dosen-dosen bergelar doktor dan profesor, baik dari internal STPMD 'APMD' dan didukung oleh beberapa dosen dari Universitas Gadjah Mada dengan kapasitas dan kompetensi keilmuan/pengalaman yang memadai. Fasilitas pendukung pembelajaran cukup memadai, baik berupa perpustakaan, laboratorium, ruang kuliah nyaman, bahan ajar, dan lain-lain.

Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) STPMD 'APMD' YogyakartaProgram Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) STPMD 'APMD' Yogyakarta Foto: dok. STPMD 'APMD' Yogyakarta

Proses pembelajaran dengan mengutamakan pendekatan pembelajaran orang dewasa, dengan metode partisipatif terstruktur guna membangun kemandirian dan kemerdekaan belajar bagi para mahasiswa. Pembelajaran juga dipandu sesuai standar penyelenggaraan pendidikan magister dengan tetap mengedepankan pendekatan pembelajaran yang humanis di antara dosen dan mahasiswa.

Outcome yang dituju adalah menghasilkan lulusan (bergelar MIP) yang memiliki kapasitas dan kompetensi memadai dan mampu memimpin, serta menggerakkan transformasi tata kelola pemerintahan daerah dan pemerintahan desa.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia