Ilmu Pemerintahan STPMD 'APMD' Yogyakarta Lahirkan Lulusan Kompeten

Content Promotion - detikEdu
Minggu, 13 Jun 2021 12:00 WIB
STPMD ‘APMD’
Foto: dok. STPMD 'APMD'
Jakarta - Program Studi Ilmu Pemerintahan (PSIP) merupakan salah satu program studi di STPMD 'APMD', yang memiliki predikat akreditasi A sesuai dengan SK BAN-PT No. 3295/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020. PSIP mengusung platform keilmuan pemerintah milik rakyat, negara milik warga.

STPMD 'APMD' mempelajari pemerintahan secara utuh, mencerahkan cara pandang dan praktik pemerintahan, sekaligus bertujuan memperjuangkan pembentukan pemerintahan kerakyatan yang sanggup menghadirkan negara untuk melayani dan melindungi warga.

PSIP diasuh oleh para guru profesional, dedikatif, sekaligus banyak pengalaman berhubungan langsung dengan eksekutif dan legislatif di tingkat nasional dan daerah, demikian juga bergelut secara dekat dengan ranah pemerintahan desa. Secara nasional STPMD 'APMD' mempunyai sumbangan besar terhadap kelahiran UU Desa tahun 2014, dan di level mikro lokal, mereka menggunakan Ilmu Pemerintahan untuk mengabdi dan melayani desa.

Ilmu Pemerintahan berbeda dengan Ilmu Politik maupun Administrasi Publik. PSIP mempelajari lima konsep besar, yakni Pemerintah (Government), Perbuatan Pemerintah (Governing), Otoritas dan Kapasitas Pemerintah (Governability), Tata Kelola Pemerintahan (Governance), dan Kepemerintahan (Governmentality). Kelimanya mewarnai kurikulum PSIP, yang dengan semangat 'mendidik dengan melayani' dan 'melayani dengan mendidik', kami gunakan untuk membentuk pengetahuan, nilai, seni, dan keterampilan berpemerintahan kepada mahasiswa.

STPMD 'APMD' mendidik dan menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana sujana yang berpihak kepada rakyat, desa, pinggiran, dan masyarakat lokal. STPMD 'APMD' memproyeksikan ada tiga jalur karir bagi sarjana sujana IP. Pertama, karier jalur pemerintah, yakni menjadi pemimpin daerah, kepala daerah, kepala desa, serta wakil rakyat. Kedua, karier jalur negara, yakni menjadi Aparatur Sipil Negara, komisioner, dan perangkat desa. Ketiga, karir jalur masyarakat sipil seperti jurnalis, profesional LSM, fasilitator pemerintahan, pendamping desa, dan lain-lain.

Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di laman http://stpmd.apmd.ac.id; informasi pendaftaran di http://bit.ly/ppmb-apmd atau http://ip.apmd.ac.id. Video profil lengkap bisa diakses melalui https://www.youtube.com/results?search_query=SUTORO+EKO dan https://www.youtube.com/watch?v=8qt4mfiWuTo.

Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia