Pendaftaran Jalur Mandiri Unpad untuk S1 Diperpanjang, Ini Cara Daftarnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 12 Jun 2021 15:00 WIB
Ini jadwal pengumuman seleksi mandiri Unpad
Foto: Istimewa
Jakarta - Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjajaran atau SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri Unpad diperpanjang hingga 17 Juni 2021. Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjajaran atau SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri sebelumnya dijadwalkan hingga 8 Juni 2021.

SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2019, 2020 dan 2021. Peserta tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN ataupun SBMPTN.

Peserta SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri dapat mendaftar dengan dua skema, yaitu menggunakan nilai UTBK 2021, atau menggunakan nilai SMUP.

Pendaftar jalur mandiri yang mengikuti ujian SMUP akan melakukan ujian dengan materi Tes Kemampuan Belajar (TKB) secara online.

Pendaftar yang menggunakan nilai SMUP bisa memilih dua prodi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda. Peserta yang menggunakan nilai SMUP juga bisa mengambil prodi lintas jurusan atau lintas kelompok ilmu.

Ini artinya, pendaftran dengan skema nilai SMUP bisa memilih dua prodi saintek, dua prodi soshum, atau satu prodi saintek dan satu prodi soshum. Sementara peserta yang akan memilih prodi Unpad lintas kelompok ujian UTBK harus mengikuti ujian SMUP.

Ketentuan umum jalur mandiri Unpad S1

1. Pendaftar hanya diperkenankan memilih satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi:
· Skema 1: menggunakan nilai UTBK 2021
· Skema 2: menggunakan nilai Seleksi Mandiri Unpad (SMUP) (untuk siswa lulusan tahun 2019, 2020, 2021).

2. Materi ujian SMUP adalah Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang dilakukan secara daring.

3. Peserta maksimal memilih dua program studi dengan ketentuan:

· Peserta yang menggunakan nilai UTBK kelompok Saintek/Sosum hanya bisa memilih dua Program Studi dari kelompok Saintek atau Sosum sesuai dengan kelompok ujian UTBK yang telah dimiliki.
· Peserta yang menggunakan nilai UTBK Campuran (IPC) bisa memilih dua Program Studi lintas kelompok ilmu dari kelompok Saintek dan Sosum.
· Peserta yang menggunakan nilai SMUP bisa memilih dua Program Studi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda (satu Saintek dan satu Sosum).
· Peserta yang akan memilih program studi yang berbeda dengan kelompok ujian UTBK yang telah diikuti, diharuskan untuk mengikuti ujian SMUP.

4. Ujian SMUP Sarjana jalur mandiri dilaksanakan secara daring dan dikerjakan di rumah masing-masing tanggal 26 Juni 2021.

Persyaratan SMUP Jalur Mandiri S1 Unpad:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, atau 2021.

Cara Pendaftaran SMUP Jalur Mandiri S1 Unpad

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.

2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
· Nama Lengkap
· Nomor Induk Kependudukan (NIK)
· Alamat E-Mail
· Nomor Ponsel
· Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
· Data Kewarganegaraan (country of citizenship).

3. Menginput/ mengupload dokumen asli sebagai berikut:
· Ijazah SMA/MA/SMK
· Kartu Peserta UTBK Tahun 2021(bagi yang memilih Skema 1)
· Menginputkan No. Peserta UTBK 2021 (bagi yang memilih Skema 1)
· Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
· Kartu Tanda Penduduk
· Kartu Keluarga

4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali. Biaya pendaftaran adalah sebagai berikut :
· Skema 1 : sebesar Rp. 100.000,-
· Skema 2 : sebesar Rp. 200.000,-

5. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Biaya kuliah Unpad 2021 jalur mandiri untuk mahasiswa baru terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester, dan Dana Pengembangan (DP). Namun, DP hanya dibayarkan sekali di awal masuk kuliah.

Biaya kuliah jalur seleksi mandiri Unpad program sarjana berkisar dari Rp 6 - Rp 30 juta per semester. Adapun mahasiswa baru Unpad yang diterima lewat jalur mandiri dikenakan Dana Pengembangan Rp 15 - Rp 100 juta yang dibayar di awal perkuliahan.

Gimana detikers, tertarik ikut seleksi mandiri?



Simak Video "Indra Darmawan, Lulusan Unpad yang Jadi Pemulung Budiman"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia