UPJ Bintaro Kembangkan Global but Local (Glocal) IT Talents

Content Promotion - detikEdu
Rabu, 09 Jun 2021 13:14 WIB
UPJ Bintaro Kembangkan Global but Local (Glocal) IT Talents
Foto: Universitas Pembangunan Jaya
Jakarta - COVID-19 dan teknologi digital mendisrupsi peradaban umat manusia, terutama di sektor pendidikan. Pandemi COVID-19 mengubah tatanan belajar mengajar tatap muka di kelas dengan segala dinamika interaksi sosialnya menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan teknologi, sehingga penguasaan teknologi menjadi bagian yang tak terelakkan.

Memahami akan tantangan tersebut, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sebagai kampus yang mengkhususkan diri dalam bidang urban studies atau studi tentang perkotaan berinovasi untuk menjadi universitas yang unggul di era digital di masa pandemi saat ini.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh universitas di bawah naungan kelompok bisnis Pembangunan Jaya atau Jaya Group ini adalah membuka program International Undergraduate Program (IUP) dengan program studi Information Systems. Program studi ini juga merupakan perwujudan internasionalisasi yang secara berkelanjutan terus digalakkan oleh UPJ.

Tentunya UPJ tidak sendiri dalam pembukaan program studi baru ini. UPJ berkolaborasi dengan salah satu institusi pendidikan di Singapura, Lithan. Lithan adalah sebuah platform pembelajaran digital yang sudah terverifikasi oleh CPE atau Council for Private Education Singapore dengan misi untuk memberikan pertumbuhan bagi talent dan perusahaan dalam ekonomi digital.

Lithan CLaas memberikan pembelajaran kompetensi sebagai layanan untuk mendukung pembelajaran yang terintegrasi dengan dunia kerja, implementasi solusi digital, dan pengembangan kemampuan mahasiswa. Kolaborasi ini membuat IUP Information Systems menjadi pilihan yang tepat untuk jenjang pendidikan tinggi masa kini.

Kurikulum Sistem Informasi UPJ IUP dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan kompetensi langsung sehingga mereka siap untuk mengklaim tempatnya sebagai ahli Sistem Informasi dan bersaing di dunia digital tanpa batas setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

Salah satu keunggulan utama dari program ini adalah kesempatan untuk memperoleh total pendapatan hingga US$ 16.200 dari program magang selama 3 tahun yang dimulai pada tahun kedua perkuliahan yang disebut Apprenticeship Program.

Program magang di IUP Information Systems ini sangat berbeda dengan umumnya kegiatan magang mahasiswa. Sebab kegiatan ini hampir tanpa biaya sama sekali karena dilakukan secara remote. Adapun perusahaan tempat magangnya adalah IT Start-up yang berbasis di luar negeri seperti di Singapura, Vietnam dan Malaysia. Perusahaan-perusahaan ini adalah mereka yang sudah memiliki kerja sama resmi dengan pihak universitas.

UPJ Bintaro Kembangkan Global but Local (Glocal) IT TalentsFoto: Universitas Pembangunan Jaya

Dalam program ini, mahasiswa akan diperlakukan sebagai karyawan dan akan dinilai berdasarkan kinerja. Mahasiswa dapat magang di perusahaan yang sama selama lebih dari satu tahun berdasarkan bagus tidaknya kinerja mahasiswa tersebut.

Sebelum melakukan kegiatan apprenticeship, mahasiswa akan dipersiapkan melalui kegiatan pelatihan yang intensif di tahun pertama perkuliahan lewat IUP Bootcamp dan dibimbing oleh mentor sebelum mereka melalui proses rekrutmen dengan perusahaan target yang serupa dengan rekrutmen karyawan perusahaan pada umumnya. Setelah menyelesaikan magang, mahasiswa memiliki peluang untuk mendapatkan posisi permanen di perusahaan yang sama.

Dalam proses pembelajaran, semua mata kuliah dibawakan dalam kelas online dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar guna memudahkan mahasiswa untuk belajar dari mana saja. Semua mata kuliah di UPJ IUP diampu oleh dosen ekspatriat yang merupakan akademisi serta praktisi di bidang IT dan sistem informasi. UPJ IUP mengundang para profesional dari negara-negara Asia seperti India, Malaysia, Singapura, dan Vietnam dengan latar belakang pengajaran yang luas. Semua kelebihan ini ditawarkan untuk menjadikan lulusan UPJ IUP sebagai information systems expert yang mampu bersaing di dunia digital tanpa batas.

Profil UPJ

UPJ Bintaro Kembangkan Global but Local (Glocal) IT TalentsFoto: Universitas Pembangunan Jaya

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ Bintaro) terletak di areal seluas 15 hektare di lokasi strategis di kota modern Bintaro Jaya, Tanggerang Selatan. Dengan moto 'Integrity, Professionalism, and Entrepreneurship', UPJ Bintaro telah mendedikasikan diri sebagai rumah ilmu di mana mahasiswa dapat belajar dan mengembangkan diri menjadi profesional yang merupakan individu yang kreatif dan inovatif serta dibekali dengan seperangkat keterampilan dan karakter kewirausahaan.

Universitas ini didirikan pada tahun 2011 oleh grup bisnis ternama Pembangunan Jaya Group yang menjalankan lebih dari 17 unit bisnis berbeda dengan bisnis inti di bidang properti, manufaktur, konsultasi manajemen, konsultasi desain, konstruksi, pariwisata/rekreasi, perdagangan, mekanik. teknik kelistrikan, dan pendidikan.

Saat ini UPJ memegang peringkat 92 dan sebagai universitas termuda di liga TOP 100 Universitas Terbaik di Indonesia pada tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan Indonesia. Universitas Pembangunan Jaya bercita-cita menjadi universitas pilihan yang sangat baik untuk penelitian dalam Studi Perkotaan di Asia Tenggara.

Untuk informasi lebih lanjut terkait UPJ IUP Information Systems, silakan akses: http://informationsystems.upj.ac.id/ atau hubungi Nina Efriliana di (+61) 815 1709 4964 atau email di IUP@upj.ac.id . (ads/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia