Duet detikcom-QS Tampilkan Ranking Perguruan Tinggi Top Dunia!

Tim detikEdu - detikEdu
Rabu, 09 Jun 2021 12:56 WIB
Quacquarelli Symonds
Foto: Istimewa
Jakarta - detikcom menjalin kerja sama eksklusif dengan Quacquarelli Symonds (QS), penyedia layanan riset dan analisis di sektor pendidikan tinggi global. Kolaborasi ini pun bakal memperkuat detikEdu sebagai kanal yang fokus di bidang pendidikan besutan detikcom baik dari sisi fitur atau pengayaan riset dan kontennya.

Sejumlah layanan yang diberikan QS antara lain informasi seputar karakteristik kampus, tips trik untuk mengikuti tes, hingga layanan konseling dan peluang beasiswa.

Namun QS juga merupakan perusahaan yang berada di balik situs www.TopUniversities.com. Di mana secara berkala, situs ini merilis laporan dan analisis terkait ranking deretan kampus terbaik dunia di berbagai bidang.

Nah, daftar ranking kampus-kampus terkemuka tersebut selanjutnya bakal bisa dilihat langsung oleh Anda di halaman detikEdu berikut ini.

Tentunya untuk dapat bertengger di daftar eksklusif ini bukan merupakan pekerjaan mudah. Setidaknya ada 6 metodologi penilaian yang digunakan QS dalam meracik daftar ini, yakni:

1. Academic Reputation (dengan bobot 40%)
2. Employer Reputation (10%)
3. Faculty/Student Ratio (20%)
4. Citations per faculty (20%)
5. International Faculty Ratio (5%)
6. International Student Ratio (5%)

Adapun detikEdu merupakan kanal paling muda yang dilahirkan detikcom. Tim yang menggawanginya bakal fokus untuk menyediakan informasi seputar sekolah, perguruan tinggi, beasiswa hingga serba-serbi kehidupan dunia pendidikan lainnya.

Mulai dari tips trik lolos masuk perguruan tinggi negeri, rekomendasi tempat kos dan sharing soal kehidupan kampus hingga memberikan informasi lowongan pekerjaan bagi berbagai lulusan.

Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia