Pertama di Indonesia, Prodi Baru S2 Vokasi Pelayaran STIP Kemenhub

Kristina - detikEdu
Rabu, 02 Jun 2021 11:00 WIB
STIP Pelayaran
Foto: Dok. STIP Jakarta
Jakarta -

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta membuka program studi (Prodi) baru S2 Vokasi Pelayaran. Prodi ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pembukaan program Magister Terapan di bidang pelayaran dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Maritim Indonesia.

"Program Magister Terapan di bidang Pelayaran ini adalah yang pertama ada di Indonesia. Keberadaan prodi ini diharapkan semakin meningkatkan kualitas SDM Maritim Indonesia," kata Budi melalui keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Rabu (2/6/2021).

Ia menegaskan, prodi baru ini akan dijadikan contoh bagi sekolah tinggi di sektor darat, udara, dan perkeretaapian yang berada di bawah naungan Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub.

"Pembukaan prodi magister terapan di bidang pelayaran ini akan dijadikan proyek percontohan bagi sekolah tinggi di sektor lainnya yakni di darat, udara dan perkeretaapian, yang ada di bawah pengelolaan Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub, untuk mengadakan prodi magister terapan," tegasnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Widyaswara Ahli Utama Kemenhub, Sugihardjo, Prodi S2 Vokasi Pelayaran Kemenhub ini mengusung visi mencetak SDM profesional untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja di sektor pelayaran baik domestik maupun internasional.

"Visi dari dibukanya program ini adalah menjadikan program studi magister terapan ini bertaraf internasional yang menghasilkan SDM perhubungan yang profesional," kata Sugihardjo.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 001/D/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Magister Terapan di STIP Jakarta, ada dua Program Studi yang dibuka yaitu prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi Program Magister Terapan (M.Tr.M) dan Teknik Keselamatan dan Risiko Program Magister Terapan (M.Tr.T). Kedua prodi tersebut ditempuh selama empat semester dengan total Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 48 dan 49.

Sugihardjo menambahkan, dengan dibukanya dua prodi magister terapan di STIP Jakarta, akan memberikan kesempatan kepada dosen dan pegawai di sektor transportasi laut untuk melanjutkan jenjang pendidikan S2 yang linier dengan latar belakang pendidikan dan tugas kedinasannya.

Pendaftaran program Magister Terapan ini telah dibuka mulai awal Mei 2021 hingga Juli 2021 yang terbagi dalam 3 gelombang. Kegiatan perkuliahan akan dimulai bulan Agustus 2021.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai persyaratan pendaftarannya bisa mengunjungi laman Penerimaan Mahasiswa Baru STIP Jakarta melalui http://pmb.stipjakarta.ac.id. Berminat daftar S2 vokasi pelayaran STIP Kemenhub?



Simak Video "GeNose C19 Resmi Digunakan di Terminal Tipe A"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia