Lagi Cari Kuliah? Ini 4 Ciri Kampus Berkualitas untuk Calon Mahasiswa

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 31 Mei 2021 18:00 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row.
Foto: iStock/Lagi Cari Kuliah? Ini 4 Ciri Kampus Berkualitas untuk Calon Mahasiswa
Jakarta - Bagi detikers yang ingin berkuliah, ada beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu sebelum memilih kampus impian. Salah satunya, mengenai kualitas kampus tujuan.

Dalam memilih kampus yang berkualitas yang dilihat tidak hanya prestasi kampus, dan keunggulan saja, tetapi ada juga poin-poin penting lainnya. Berikut penjelasannya yang dikutip detikEdu dari Instagram Dikti Vokasi.


4 Ciri Kampus Berkualitas

  • 1. Akreditasi Kampus

Akreditasi adalah tolak ukur dari sebuah kampus. Dengan akreditasi, saat lulus nanti mahasiswa dari kampus yang memiliki akreditasi yang bagus akan lebih diprioritaskan saat mencari kerja.

Bahkan, terdapat beberapa perusahaan yang mensyaratkan akreditasi tertentu dari kampus untuk memenuhi lowongan kerja. Sehingga, akreditasi kampus merupakan hal yang krusial dalam memilih kampus tujuan.

  • 2. Fasilitas Memadai

Kampus yang berkualitas berarti memiliki fasilitas yang memadai. Dengan memiliki fasilitas yang lengkap maka pembelajaran dapat dilakukan dengan sempurna tanpa kendala.

Mahasiswa juga akan lebih mudah memahami setiap mata kuliah. Dengan fasilitas yang memadai juga dapat menjadikan mahasiswa lebih terampil, mandiri, pintar, dan kreatif.

  • 3. Kurikulum yang Sesuai

Kurikulum menjadi tolok ukur penting dalam kualitas suatu kampus. Kurikulum sangat diperlukan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja

Jika di kampus tersebut terdapat kurikulum yang tak sesuai dengan kebutuhan saat ini, akan berdampak pada kualitas alumninya nanti. Dikhawatirkan, nanti para lulusannya akan kesulitan mengimplementasikan ilmunya dalam dunia kerja.

  • 4. Tingkat Penerimaan Kerja Lulusan

Angka kerja lulusan suatu kampus juga sangat penting bagi kualitas sebuah kampus. Kampus yang memiliki tingkat penerimaan tinggi berarti kampus tersebut mampu meningkatkan kompetensi mahasiswanya sesuai dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Semakin baik kualitas suatu kampus, juga akan mempermudah lulusannya mendapatkan pekerjaan sesuai dengan impian.

Jadi, Detikers memilih kampus yang berkualitas sangat penting ya. Jangan pilih kampus secara asal, karena kampus yang berkualitas dapat memberikan keuntungan kedepannya!



Simak Video "Resmikan Kampus Khusus UMKM, Gibran: Agar Solo Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia