USU Siapkan Ini sebagai Calon Tuan Rumah PIMNAS 2021

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 29 Mei 2021 14:20 WIB
USU Siapkan Ini sebagai Calon Tuan Rumah PIMNAS 2021
USU Siapkan Ini sebagai Calon Tuan Rumah PIMNAS 2021 (Foto: Dokumentasi Humas USU)
Jakarta - Universitas Sumatera Utara (USU) mengajukan diri sebagai calon tuan rumah pada kompetisi bergengsi dari Kemendikbudristek, yaitu Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021.

Rektor USU Dr. Muryanto Amin mengatakan pencalonan diri ini bukan semata modal keberanian belaka. Namun, USU juga memiliki segudang pengalaman sebagai tuan rumah pada ajang kompetisi nasional dan internasional.

"Pengalaman yang telah dilalui oleh USU sebagai tuan rumah dalam berbagai event nasional dan internasional, setidaknya telah memberikan modal yang cukup kuat bagi kami untuk menawarkan diri sebagai tuan rumah," ujar Muryanto dalam keterangan tertulisnya pada wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, USU juga memiliki fasilitas daring yang memadai guna menunjang penyelenggaraan PIMNAS ke-34. Fasilitas yang dimaksud di antaranya 40 laboratorium komputer, lebih dari 10 ruang multimedia, lebih dari 10 ruang serbaguna berkapasitas 300 orang, hingga auditorium berkapasitas 3 ribu orang.

Selain itu, kampus yang berlokasi di Medan ini, memiliki lahan parkir yang luas, akses yang mudah dijangkau, hingga tersedia banyak penginapan di sekitarnya. Tidak lupa dengan jaringan internet kampus yang stabil sebagaimana penuturan dari Muryanto.

USU Siapkan Ini sebagai Calon Tuan Rumah PIMNAS 2021USU Siapkan Ini sebagai Calon Tuan Rumah PIMNAS 2021 Foto: Dokumentasi Humas USU

"Jaringan internet di lingkungan kampus juga sangat stabil dan terkontrol untuk mengamankan penyelenggaraan suatu kegiatan besar," imbuhnya.

Kesiapan USU menjadi tuan rumah PIMNAS tidak hanya ditunjukkan melalui kesiapan fasilitas yang dimilikinya saja. USU bahkan sudah menyiapkan logo dan maskot untuk kegiatan PIMNAS ke-34.

Maskot itu berupa burung beo Nias yang dibalut dengan kain ulos khas Sumatera Utara.

"Logo dan maskot untuk PIMNAS ke-34 juga telah tersedia, di mana USU menawarkan maskot berupa Beo Nias yang diberi nama Beni," jelas Rektor USU tersebut.

Muryanto mengungkapkan alasan dari pencalonan diri menjadi tuan rumah PIMNAS ke-34 ini semata-mata upaya untuk memotivasi para mahasiswa USU. Sebab menurutnya semangat berprestasi mahasiswa USU di PIMNAS menurun selama beberapa tahun belakangan.

"Kita berupaya untuk menjadi tuan rumah agar menjadi stimulus kepada para mahasiswa. Beberapa tahun belakangan prestasi USU di PIMNAS itu menurun, sehingga perlu digairahkan kembali," tutupnya.

Simak Video "Menginap di Hotel Mewah, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia